IMPLEMENTASI ABAKUSTERHADAP OPERASI PENJUMLAHAN PADA ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPATIK KELAS V DI SLB NEGERI 1 KAB GOWA

NUR INSANA AMALIAH (2022) IMPLEMENTASI ABAKUSTERHADAP OPERASI PENJUMLAHAN PADA ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPATIK KELAS V DI SLB NEGERI 1 KAB GOWA.

[img] Text
SKRIPSIKU-HARI_INI_Fix[1].docx

Download (8MB)
[img] Text
JURNAL INSANA.pdf

Download (617kB)

Abstract

NUR INSANA AMALIAH. 2020. Implementasi Abakus terhadap operasi penjumlahan pada anak cerebral palsy tipe spastik , Kelas V Di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi dibimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M.Pd dan Drs. Andi Budiman, M.Kes. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan penjumlahan pada anak cerebral palsytipe spastikpada mata pelajaran matematika di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Implementasi Abakus terhadap kemampuan operasi penjumlahan pada anak cerebral palsytipe spastik Kelas V Di SLB NegeriGowa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan penjumlahan bagi anak cerebral palsytipe spastik kelas V di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberi intervensi (Baseline 1/ A1) memperoleh nilai yang sama, 2) kemampuan penjumlahan bagi anak cerebral palsy tipe spastik kelas V di SLB Negeri 1 Gowa saat diberi intervensi melalui implementasi Abakus(Intervensi/B) meningkat atau adanya perubahan, 3) kemampuan penjumlahan permulaan bagi anak cerebral palsy tipe spastik kelas V di SLB Negeri 1 Gowa setelah diberi intervensi melalui implementasi Abakus (Baseline 2/ A2) meningkat, 4) kemampuan penjumlahan bagi anak tipe spastik kelas V di SLB Negeri 1 berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (baseline 1/ A1), saat diberi intervensi (B), dan setelah diberi intervensi (baseline 2/A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang anak cerebral palsy tipe spastik kelas V di SLB Negeri 1 Gowa yang berinisial AB. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1). Kemampuan penjumlahan anak cerebral palsy tipe spastik pada kondisi baseline 1 (A1) dengan panjang kondidi 4 sesi memperoleh nilai tetap. 2). Kemampuan penjumlahan anak cerebral palsy tipe spastik pada saat di lakukan intervensi (B) dengan panjang kondidi 8 sesi, kecenderungan arahnya menaik, atau adanya perubahan nilai yang di peroleh anak. 3). Kemempuan penjumlahan anak cerebral palsy tipe spastik baseline 2 (A2) dengan panjang kondisi 4 sesi kecenderungn arahnya menaik atau adanya perubahan setekah implementasi abakus. 4) Kemampuan penjumlahan subjek (AB) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan kondisi baseline 1 (A1) ke kondisi intervensi (B) mendatar ke menaik, dan kondisi intervensi (B) ke kondisi baseline 2 (A2) menaik ke menurun, serta nilai yang diperoleh lebih menaik dibandingkan sebelum diberikan intervensi (baseline 1 / A1). Kata kunci: Implementasi Abakus, kemampuan penjumlahan,Cerebral Palsy tipe spastik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 06:09
Last Modified: 18 Mar 2022 06:09
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22497

Actions (login required)

View Item View Item