IMPLEMENTASI TEORI BRUNER DALAM OPERASI PENJUMLAHAN PADA MURID TUNARUNGU BERAT

HASNAWATI (2022) IMPLEMENTASI TEORI BRUNER DALAM OPERASI PENJUMLAHAN PADA MURID TUNARUNGU BERAT.

[img] Text
Skripsi Hasnawati.pdf

Download (7MB)
[img] Text
Jurnal Hasnawati.pdf

Download (627kB)

Abstract

HASNAWATI, 2020 Implementasi Teori Bruner dalam Operasi Penjumlahan Pada Murid Tunarungu Berat. Dibimbing oleh Drs. Mufa’adi, M.Si dan Drs Djoni Rosyidi, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berangkat dari masalah rendahnya kemampuan operasi penjumlahan murid Tunarungu berat pada mata pelajaran matematika, Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan operasi penjumlahan pada murid tunarungu berat kelas III di SLB Negeri 1 Makassar?” Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui 1) kemampuan operasi penjumlahan murid tunarungu berat kelas III di SLB Negeri 1 Makassar pada kondisi baseline 1 (A1), 2) Kemampuan operasi penjumlahan pada murid tunarungu berat kelas III di SLB Negeri 1 Makassar pada kondisi intervensi (B), 3)Kemampuan operasi penjumlahan murid tunarungu berat di SLB Negeri 1 makassar pada kondisi baseline 2 (A2), 4) Kemampuan penjumlahan pada murid tunarungu berat di SLB Negeri 1 Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah murid Tunarungu berat kelas III di SLB Negeri 1 Makassar berinisial MIM Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penerapan implementasi Teori Bruner yang dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan murid Tunarungu berat. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi Teori Bruner dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan pada murid Tunarungu berat di SLB Negeri 1 Makassar. Kata Kunci: Kemampuan Operasi Penjumlahan, Implementasi Teori Bruner, Tunarungu berat

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 18 Mar 2022 05:52
Last Modified: 18 Mar 2022 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22494

Actions (login required)

View Item View Item