PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP CAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 ENREKANG

As’adiyah Bachtiar, Nurul (2021) PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP CAPAIAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SENI TARI DI KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 ENREKANG. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain.

[img] Text
JURNAL NURUL AS'ADIYAH BACHTIAR - Nurul As'adiyah Bachtiar.pdf

Download (434kB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual dalam model discovery learning terhadap capaian hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Enrekang. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas X MIPA SMA Negeri 5 Enrekang yang terdiri dari lima kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas X MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIPA 5 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan model discovery learning berbasis audio visual dan model discovery learning tanpa media audio visual. Variabel terikatnya adalah hasil belajar dalam pembelajaran seni tari. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar materi seni tari sebanyak 20 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Hasil uji non-parametrik Mann-Whitney dengan α= 0,05 dan dk= 1,64 diperoleh zhitung > ztabel (6,67>1,64) maka ada pengaruh media audio visual dalam model discovery learning terhadap capaian hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari di kelas X MIPA SMA Negeri 5 Enrekang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS SENI DAN DESAIN > Pendidikan sendratasik
Divisions: FAKULTAS SENI DAN DESAIN
Depositing User: Pustaka FSD yayu
Date Deposited: 12 Apr 2022 02:39
Last Modified: 12 Apr 2022 02:39
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22479

Actions (login required)

View Item View Item