KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJA’IYAH MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF HIJA’IYAH PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB YPKS BAJENG KABUPATEN GOWA

RITA MUFLIHAH (2022) KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJA’IYAH MELALUI METODE PERMAINAN KARTU HURUF HIJA’IYAH PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB YPKS BAJENG KABUPATEN GOWA.

[img] Text
RITA MUFLIHAH 1645040009.docx

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL RITA MUFLIHAH 1645040009.docx

Download (120kB)

Abstract

RITA MUFLIHAH, 2020. Kemampuan Mengenal Huruf Hija’iyah Melalui Metode Permainan Kartu Huruf Hija’iyah Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II Di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Skripsi dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan mengenal huruf hija’iyah pada murid Cerebral Palsy Tipe Spastik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana kemampuan mengenal huruf hija’iyah melalui metode permainan kartu huruf hija’iyah pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui:1) kemampuan mengenal huruf hija’iyah melalui metode permainan kartu huruf hija’iyah pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa sebelum diberi intervensi (Baseline 1 /A1). 2) kemampuan mengenal huruf hija’iyah saat diberi intervensi (intervensi /B). 3) kemampuan mengenal huruf hija’iyah setelah diberi intervensi (baseline 2/A2). 4) perbandingan kemampuan mengenal huruf hija’iyah berdasarkan hasil analisis antar yaitu pada kondisi sebelum diberi intervensi ke kondisi saat diberi intervensi dan dari kondisi saat diberi intervensi ke kondisi setelah diberi intervensi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen (Single Subject Research (SSR) yaitu memfokuskan pada data individu sebagai sampel penelitian dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB YPKS Bajeng Kabupaten Gowa yang berinisial AB. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan mengenal huruf hija’iyah subjek AB sangat kurang sebelum diberi intervensi (baseline 1/A1), 2) kemampuan mengenal huruf hija’iyah subjek AB meningkat ke kategori cukup saat diberi intervensi (B), 3) kemampuan mengenal huruf hija’iyah subjek AB meningkat ke kategori kurang setelah diberi intervensi (baseline 2/A2) 4) perbandingan kemampuan mengenal huruf hija’iyah subjek AB berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberi intervensi (baseline 1/A1) kemampuan subjek AB sangat kurang meningkat ke kategori cukup pada kondisi saat diberikan intervensi (B), dan dari kondisi saat diberikan intervensi kemampuan subjek setelah diberikan intervensi (baseline 2/A2) menurun ke kategori kurang, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek AB lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum diberikan intervensi (baseline 1/A1), dengan demikian kemampuan mengenal huruf hij’iyah murid tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi (B).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Mar 2022 07:07
Last Modified: 16 Mar 2022 07:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22476

Actions (login required)

View Item View Item