PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BERSUSUN MENGGUNAKAN BLOK DIENES PADA MURID TUNARUNGU KELAS IV DI SLB YPAC MAKASSAR

RAHMA RETNOWATI NINGRUM ANGKOTASAN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN BERSUSUN MENGGUNAKAN BLOK DIENES PADA MURID TUNARUNGU KELAS IV DI SLB YPAC MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI RAHMA RETNOWATI NINGRUM ANGKOTASAN.pdf

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL RAHMA RETNOWATI NINGRUM ANGKOTASAN 1645040006.docx

Download (130kB)

Abstract

Rahma Retnowati Ningrum Angkotasan, 2020. Peningkatan Kemampuan Operasi Hitung Penjumlahan Bersusun Menggunakan Block Dienes Pada Murid Tunarungu Kelas IV di SLB YPAC Makassar . Skirpi Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Drs.Mufa’adi, M.Si program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan operasi hitung penjumlahan pada murid tunarungu pada mata pelajaran Matematika di SLB YPAC Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan bersusun menggunakan blok dienes pada murid tunarungu kelas IV di SLB YPAC Makassar ”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi hitung penjumlahan bersusun menggunakan blok dienes pada murid tunarungu kelas IV di SLB YPAC Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid tunarungu kelas IV di SLB YPAC Makassar yang berinisial SN. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan operasi hitung penjumlahan bersusun subjek (SN) sebelum diberikan perlakuan masih rendah, 2) penggunaan blok dienes untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung penjumlahan bersusun subjek penelitian (SN) dapat meningkat, 3) kemampuan operasi hitung penjumlahan bersusun subjek (SN) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan. 4) Perbandingan kemampuan operasi hitung penjumlahan subjek (SN) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan peningkatan dari kategori rendah meningkat menjadi kategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid meningkat dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan Kata kunci: Kemampuan operasi hitung, penjumlahan bersusun, Block Dienes, Tunarungu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:55
Last Modified: 16 Mar 2022 06:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22474

Actions (login required)

View Item View Item