PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA

NURHIDAYATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN PAPAN FLANEL PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS II DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
skripsi Nurhidayati ujian FINISH.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL NURHIDAYATI 1645041009.docx

Download (169kB)

Abstract

NURHIDAYATI, 2020. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Papan Flanel Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II Di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi Dibimbing oleh Dra. Tatiana Medina, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Si. program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Menggunakan Papan Flanel Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas II Di SLB Negeri 1 Gowa, khususnya pada kompetensi dasar “Membaca suku kata dan kata”. Rumusan Masalah dalam penelitian ini Apakah ada Peningkatan kemampuan membaca permulaan menggunakan papan flanel pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa sebelum penggunaan media papan flanel. (2) Penggunaan media papan flanel untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. (3) Kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa setelah penggunaan media papan flanel. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan single subject Research dengan desain A (Baseline 1)-B (Intervensi) -A (Baseline 2). Subjek penelitian adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas II di SLB Negeri 1 Gowa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dokumnetasi. Data yang diperoleh diolah melalui metode eksperimen dengan penelitian subjek tunggal. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Hal ini berdasarkan grafik kemampuan membaca permulaan subjek yang meningkat. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat menjawab rumusan masalah bahwa papan flanel dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan dan efektif digunakan dalam pemebelajaran pada murid cerebral palsy tipe spastik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:28
Last Modified: 16 Mar 2022 06:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22471

Actions (login required)

View Item View Item