PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN BATANG CUISENAIRE PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA

INDRI WINARTINI LALANLANGI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN MELALUI PENGGUNAAN BATANG CUISENAIRE PADA MURID TUNAGRAHITA KELAS III DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
PDF SKRIPSI Indri Winartini Lalanlangi (1645040006).pdf

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL INDRI WINARTINI LALANLANGI 1645040006.docx

Download (124kB)

Abstract

INDRI WINARTINI LALANLANGI, 2020. Peningkatan kemampuan operasi penjumlahan melalui penggunaan batang Cuisenaire pada murid Tunagrahita kelas III di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan operasi penjumlahan bilangan asli yang hasil penjumlahannya maksimal 10 di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah kemampuan operasi penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberikan perlakuan, (2) bagaimanakah kemampuan operasi penjumlahan selama diberikan perlakuan, (3) bagaimanakah kemampuan operasi penjumlahan setelah diberikan perlakuan, (4) bagaimanakah peningkatan kemampuan operasi penjumlahan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberikan perlakuan dan dari kondisi selama ke setelah diberikan perlakuan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) kemampuan operasi penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas III di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberikan perlakuan, (2) kemampuan operasi penjumlahan selama diberikan perlakuan, (3) kemampuan operasi penjumlahan setelah diberikan perlakuan, (4) peningkatan kemampuan operasi penjumlahan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke selama diberikan perlakuan dan dari kondisi selama ke setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang murid tunagrahita ringan kelas III berinisial NA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan disain A-B-A. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan: (1) kemampuan operasi penjumlahan subjek NA sebelum diberikan perlakuan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan operasi penjumlahan subjek NA selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori sangat tinggi dilihat dari analisis dalam kondisi Intervensi (B), (3) kemampuan operasi penjumlahan subjek NA setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori tinggi dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan operasi penjumlahan subjek NA berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu pada kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan murid sangat rendah, meningkat ke kategori sangat tinggi selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori tinggi setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek NA lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian kemampuan operasi penjumlahan murid setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Batang Cuisenaire, Penjumlahan, Tunagrahita Ringan

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Mar 2022 06:23
Last Modified: 16 Mar 2022 06:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22470

Actions (login required)

View Item View Item