HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA GUGUS INPRES GANTING KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG

Husnawati, Asni (2016) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA GUGUS INPRES GANTING KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR IPS SISWA PADA GUGUS INPRES GANTING KECAMATAN TOMPOBULU KABUPATEN BANTAENG CORELATION BETWEEN LEARNING MOTIVATION AND INDEPENDENT LEARNING TOWARD STUDENTS’ LEARNING RESULTIN IPS AT GUGUS SD INPRES GANTING IN TOMPOBULU SUBDISTRICT OF BANTAENG DISTRICT ABSTRAK Pendidikan adalah proses yang berlangsung terus-menerus seumur hidup dan dilaksanakan di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat, karena pendidikan merupakan tanggung jawab keluarga, masyarakat dan pemerintah. Dengan adanya motivasi pula maka secara otomatis berpengaruh terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa begitupun sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk (i) Mengetahui hubungan motivasi belajar dengan hasil belajar IPS siswa pada Gugus SD Inpres Ganting Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng; (ii) Mengetahui hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa pada Gugus SD Inpres Ganting Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng; (iii) Mengetahui adakah hubungan secara berasama-sama motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS siswa pada Gugus SD Inpres Ganting Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis survey dengan teknik pengumpulan data berupa angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar IPS Siswa pada Gugus SD Inpres Ganting Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng yaitu 0,286>0,05 (ii) Terdapat hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar IPS Siswa pada gugus SD Inpres Ganting adalah 0,301>0,05 (iii) Terdapat hubungan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan kemandirian belajar dengan hasil Belajar IPS Siswa pada Gugus SD Inpres Ganting Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Bantaeng. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar ABSTRACT Education is an on-going for life and is conducted in family’s environtment, school, and society because educations is the responsibility of the family, society, and goverment. Therefore the study aims at examining (i) the corelation between learning motivation and students’ learning result in IPS at Gugus SD Inpres Ganting in Tompobulu Subdistrict of Bantaeng District, (ii) the corelation between independent learning and students’ learning resultin IPS at Gugus SD Inpres Ganting in Tompobulu subdistrict of Bantaeng District, (iii) whether there are corelations of learning motivation and independent learning motivation and independent learning collaboratively toward students’ learning results in IPS at Gugus SD Inpres Ganting in Tompobulu subdistrict of Bantaeng District. The study employs quantitative approach with a survey data is collected by employing questonnaire and documentation. The results of the study reveal that (i) correlation between learning motivation and students’ learning result in IPS at gugus SD Inpres Ganting in Tompobulu subdistrict of Bantaeng district is 0,284>0,05, (ii) there is a corelation between independent learning and students’ learning result in IPS at Gugus SD Inpres Ganting in Tompobulu subdistrict is 0,301>0,05, and (iii) there are corelations of learning motivation and independent learning collaborately toward students’ learning result in IPS at Gugus SD Inpres Ganting in Tompobulu Subdistrict of Bantaeng district. Keywords : learning motivation, independent learning, learning result

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > IPS Kekhususan Pend. ke SD AN s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:08
Last Modified: 21 Mar 2017 02:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2247

Actions (login required)

View Item View Item