IMPLEMENTASI METODE VAKT DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS I DI SLB NEGERI 1 GOWA

NUR INAYAH (2022) IMPLEMENTASI METODE VAKT DALAM KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA MURID CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS I DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
NUR INAYAH 1645042003 .pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL NUR INAYAH 1645042003.pdf

Download (724kB)

Abstract

NUR INAYAH, 2020. Implementasi Metode VAKT Dalam Kemampuan Menulis Permulaan Pada Murid Cerebral Palsy Tipe Spastik Kelas I Di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis dan Dr. Usman, M.Si. program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah implementasi metode VAKT dalam kemampuan menulis permulaan pada murid cerebral palsy tipe spastik kelas I di SLB Negeri 1 Gowa”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan menulis permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas I di SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberi intervensi (Baseline 1/ A1), 2) kemampuan menulis permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas I di SLB Negeri 1 Gowa saat diberi intervensi melalui metode VAKT (Intervensi/ B), 3) kemampuan menulis permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas I di SLB Negeri 1 Gowa setelah diberi intervensi melalui metode VAKT (Baseline 2/ A2), 4) kemampuan menulis permulaan bagi murid cerebral palsy tipe spastik kelas I di SLB Negeri 1 berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum diberi intervensi (baseline 1/ A1), saat diberi intervensi (B), dan setelah diberi intervensi (baseline 2/A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid cerebral palsy tipe spastik kelas I di SLB Negeri 1 Gowa yang berinisial NR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy tipe spastik kelas I SLB Negeri 1 Gowa sebelum diberi intervensi (baseline 1 / A1) memperoleh nilai sama atau tetap, 2) kemampuan menulis murid cerebral palsy tipe spastik kelas I SLB Negeri 1 Gowa saat diberi intervensi melalui metode VAKT (intervensi/ B) kemampuan menulis permulaan peningkatan setelah diterapkan metode VAKT, 3) kemampuan menulis permulaan murid cerebral palsy tipe spastik kelas I SLB Negeri 1 Gowa setelah diberi intervensi melalui metode VAKT (baseline 2 / A2) kemampuan menulis meningkat dibandingan kondisi baseline 1 (A1), 4) Perbandingan kemampuan menulis permulaan subjek (NR) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan kondisi baseline 1 (A1) ke kondisi intervensi (B) mendatar ke menaik, dan kondisi intervensi (B) ke kondisi baseline 2 (A2) menaik ke menurun, serta nilai yang diperoleh lebih menaik dibandingkan sebelum diberikan intervensi (baseline 1 / A1). Kata kunci: metode VAKT, kemampuan menulis permulaan, cerebral palsy tipe spastik

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:52
Last Modified: 16 Mar 2022 05:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22468

Actions (login required)

View Item View Item