PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MURID TUNARUNGU KELAS IV DI SLB B YPPLB MAKASSAR

FUTRI SYAM WULANDARI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KALIMAT TRANSITIF DAN INTRANSITIF MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA MURID TUNARUNGU KELAS IV DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
... i,ii,iii.docx

Download (70kB)
[img] Text
BAB I 1-6.docx

Download (38kB)
[img] Text
BAB II 7-20.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB III 21-34.docx

Download (53kB)
[img] Text
BAB IV 31-81.docx

Download (293kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (32kB)
[img] Text
0. LAMPIRAN.docx

Download (13kB)
[img] Text
4. DOKUMENTASI 200-203.docx

Download (1MB)
[img] Text
3. data hasil kemampuan 198-200.docx

Download (28kB)
[img] Text
4. DOKUMENTASI 201-204.docx

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.docx

Download (32kB)
[img] Text
JURNAL.docx

Download (70kB)

Abstract

FUTRI SYAM WULANDARI, 2019. Peningkatan kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif melalui metode demonstrasi pada murid tunarungu kelas dasar IV di SLB B YPPLB Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Agus Marsidi,. M.Si dan Dr. Mustafa. M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini ”Bagaimanakah kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1(A1)? Bagaimanakah kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi(B)? Bagaimanakah kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi Baseline 2(A2)? Bagaimanakah kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif melalui penggunaan metode demonstrasi pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) mengetahui kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1). (2) mengetahui peggunaan metode demonstrasi pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B). (3) mengetahui kemampuan pemahaman kalimat transitiif dan intransitif pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar setelah penggunaan metode demonstrasi pada baseline 2 (A2). (4) mengetahui kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif melalui penggunaan metode demonstrasi pada murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid kelas IV di SLB B YPPLB Makassar berinisial AZ penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Singel Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan metode demonstrasi diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif murid. Data yang diperoleh di analisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan kemampuan kalimat transitif dan intransitif murid tunarungu kelas IV di SLB B YPPLB Makassar. Kata Kunci: Kemampuan pemahaman kalimat transitif dan intransitif, Metode demonstrasi, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 16 Mar 2022 05:46
Last Modified: 16 Mar 2022 05:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item