PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 BULUKUMBA

Solihin1, Solihin1 (2016) PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 BULUKUMBA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

PENGARUH PENERAPAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN FISIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK NEGERI 6 BULUKUMBA (The Influence of the Application of Interactive Multimedia in Learning Physics on Student’s Learning Outcomes at SMKN 6 Bulukumba) Solihin1 1Program Studi Pendidikan Fisika, Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan multimedia interaktif dalam pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa di SMK N 6 Bulukumba. Metode yang digunakan merupakan metode quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian adalah siswa Program Studi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika kelas XI tahun pelajaran 2014/2015, yaitu kelas XIa sebagai kelas eksperimen sebanyak 15 siswa dan kelas XIb sebagai kelas control sebanyak 15 siswa. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwas kor rata- rata hasil belajar siswa yang belajar fisika dengan menerapkan multimedia interaktif adalah 9,80 (61,25 % dari skor ideal), sedang kanskor rata- rata hasil belajar siswa kelas yang belajar fisika tanpa menerapkan multimedia interaktif adalah 7,80 (48,75 % dari skor ideal). Hasil analisis inferensial dengan menggunakan uji Mann Whitney adalah nilai Uhitung<Utabel pada tingkat signifikansi 0,05 yang berarti tolak H0 dan terima Ha. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda secara signifikan dengan hasil belajar siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil analisis deskriptif dan inferensial tersebut, maka hasil penelitian adalah penerapan multimedia interaktif memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci : Penelitian quasi eksperimen, multimedia interaktif, Hasil Belajar ABSTRACT This research aimed at discovering the influence of the application of interactive multimedia in learning physics on student’s learning outcomes at SMKN 6 Bulukumba. The method employed for the study was a quasi-experimental design with nonequivalent control group. Subjects were students of Computer Engineering and Informatics class of grade XI, 15 students in class XIa as the experimental class and 15 students in class XIb as control class. Data were analyzed by employing descriptive and inferential statistics. The results of descriptive analysis revealed that the average score of students’ learning outcomes who studied Physics by applying interactive multimedia was 9,80 (61,25 % of ideal score); whereas, students’ learning outcomes who studied Physics without interactive multimedia was 7,80 (48,75% of ideal score). The results of inferential analysis using Mann Whitney’s test were the value Ucount < Utable at the 0,05 significance level, meaning that H0 was rejected and Ha was accepted. This suggests that the learning outcomes of students in the experimental class differed significantly with students’ learning outcomes in the control class. The conclusion based on the results of descriptive and inferential analysis is the application of interactive multimedia provides a positive influence on students’ learning outcomes. Key Words : quasi experiment research, interactive multimedia, learning outcomes.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > FISIKA (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 02:01
Last Modified: 21 Mar 2017 02:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item View Item