Pengelolaan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto

ST. SALEHA, ST. SALEHA (2016) Pengelolaan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
BAB I.docx

Download (30kB)

Abstract

ABSTRAK ST. SALEHA. 2013. Pengelolaan Lingkungan sebagai Media Pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto (dibimbing oleh Prof. Drs. H. Hanafie Mahtika, M.S. dan Dr. Sulaeman Samad. M.Si). Pengelolaan lingkungan sebagai media pembelajaran merupakan sarana penunjang dalam pelaksanaan proses belajar mengajar di sekolah, khususnya dalam pembelajaran mata pelajaran yang banyak berhubungan dengan lingkungan. Berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) peranan lingkungan pada beberapa mata pelajaran sangat dibutuhkan dalam menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan memperoleh gambaran pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran yang meliputi perencanaan atau penyiapan, pelaksanaan atau pemanfaatan dan evaluasi pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran serta hambatan dan potensi dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pemeblajaran di SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan sasaran penelitian adalah SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto yang dipilih secara Purposive sampling (sampel bertujuan). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Data tersebut diolah, diklasifikasikan, dan diberi kategori untuk selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif. Aktivitas dalam analisis data yaitu data reduction, data diplay, dan conclusion drawing/verification. Hasil penelitian mengenai pengelolaan lingkungan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri Kabupaten Jeneponto menunjukkan bahwa 1) perencanaan atau penyiapan lingkungan sebagai media pembelajaran di SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto telah dicantumkan dalam silabus dan RPP; dan yang tersedia pada umumnya dalam keadaan baik dan siap digunakan. 2) pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran SMP Negeri di Kabupaten Jeneponto pada mata pelajaran IPS, IPA, dan Bahasa Indonesia digunakan berdasarkan ketentuan yang telah ditentukan dalam program semester. 3) evaluasi pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran dilakukan pada cara guru memanfaatkan media tersebut dan efek belajar pada siswa. Umumnya media yang digunakan dapat membangkitkan motivasi belajar, meningkatkan pemahaman, menyajikan data dengan menarik dan terpercaya, memudahkan penafsiran data dan memadatkan informasi sehingga dapat menghasilkan tujuan pembelajaran yang diharapkan.4) Hambatan dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran diantaranya pengaturan siswa lebih berat karena mereka memilih tempat sesuai keinginannya, konsentrasi belajar siswa kurang fokus karena adanya faktor eksternal, ketersediaan lingkungan yang terbatas di sekitar sekolah membuat siswa jenuh bila hanya belajar memanfaatkan lingkungan di sekitar sekolah, kurangnya ketersediaan air khususnya pada musim kemarau menyebabkan lingkungan di sekitar sekolah kurang tertata pada musim kemarau, sama halnya dengan lingkungan sosial, masyarakat sebagai pelaku sejarah sudah kurang yang bisa ditemukan untuk menceritakan sejarah-sejarah pada masa pra dan pasca kemerdekaan, kurangnya situs-situs sejarah mengenai rekam jejak para pejuang republik Indonesia. 5) Potensi dalam pemanfaatan lingkungan sebagai media pembelajaran diantaranya : ketersediaan lingkungan sebagai media pembelajaran, adanya dukungan dari pengelola satuan pendidikan, adanya dukungan dari tokoh masyarakat dan adanya dukungan dari pemerintah terkait ( dinas pendidikan) i bangunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Manajemen Pendidikan
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 21 Mar 2017 01:54
Last Modified: 07 Mar 2018 06:43
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2242

Actions (login required)

View Item View Item