Tenri Awaru, A. Octamaya and Syam, Agus and Rahman, Abdul and Torro, Supriadi and Zulkifli, Zulkifli and Ferdiansyah, Emil and Khatimah, A. Khusnul (2021) WORKSHOP EDUKASI MICROSOFT OFFICE 365 DALAM UPAYA OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING DI MASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Masyarakat Mandiri, 5 (2). pp. 478-490. ISSN 2614-5758
Text (Jurnal Ilmiah)
11 WORKSHOP EDUKASI MICROSOFT OFFICE 365 DALAM UPAYA.pdf Download (449kB) |
|
Text
Peer Review Workshop Edukasi Microsoft Office 365.pdf Download (1MB) |
|
Text (Hasil Turnitin)
11 Turnitin WORKSHOP EDUKASI MICROSOFT OFFICE 365 DALAM UPAYA.pdf - A. Octamaya Tenri Awaru.pdf Download (3MB) |
Abstract
Pendemi Covid 19 yang mengglobal memaksa terjadinya perubahan dalam proses pembelajaran dari pembelajaran tatap muka berubah menjadi pembelajaran dalam tatap maya atau biasa disebut pembelajaran daring. Untuk mendukung pembelajaran daring agar mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih inklusif dan kolaboratif maka mengaplikasikan Microsoft office 365 merupakan salah satu solusinya. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan dan mengoptimalkan kemampuan peserta dalam mengelola pembelajaran daring yang menarik dan menyenangkan serta membantu peserta melibatkan semua siswanya, memastikan kesetaraan dan inklusi di sekolah agar semua siswa dapat belajar dalam cara terbaiknya. Kegiatan workshop ini terdiri dari tujuh tahap yaitu: pertama, tahap menganalisis masalah, Kedua, dilakukan tahap observasi untuk menindak lanjuti hasil dari analisis masalah. Ketiga, tahap penandatangan kerjasama dengan mitra, Tahap keempat Identifikasi Stakesholder, tahap kelima menyiapkan segala kebutuhan yang akan dilakukan dalam penyelenggaraan workshop micrisoft 365, tahap keenam adalah tahap berjalannya proses workshop Microsoft 365. Tahap ketujuh yaitu review dan evaluasi, Workshop Edukasi Microsoft office 365 dalam upaya optimalisasi pembelajaran daring melibatkan 22 orang guru SMA Kabupaten Sinjai. Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menciptakan pembelajaran daring yang berkualitas dengan menggunakan Microsoft office 365. Yang di tunjukkan dengan hasil evaluasi akhir berupa 86,36 persen peserta menyatakan sangat sesuai dengan kebutuhan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | KARYA ILMIAH DOSEN Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN |
Divisions: | KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN KARYA ILMIAH DOSEN |
Depositing User: | Nuhasni Muis |
Date Deposited: | 09 Mar 2022 08:49 |
Last Modified: | 31 May 2022 05:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22411 |
Actions (login required)
View Item |