MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 SIDRAP

OFNI BARUNG MANGANDE (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS MELALUI KETERAMPILAN MELIPAT KERTAS ORIGAMI PADA ANAK CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 SIDRAP.

[img] Text
SKRIPSI OFNI BARUNG MANGANDE.pdf

Download (2MB)

Abstract

OFNI BARUNG MANGANDE, 2019. “Meningkatkan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas origami pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap’’. Dibimbing oleh Dr. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar Masalah dalam penelitian ini adalah seorang anak cerebral palsy yang mengalami ketidakmampuan dalam hal keterampilan motorik halus di SLB Negeri 1 Sidrap. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan kegiatan melipat kertas origami dalam meningkatkan kemampuan motorik halus pada murid Cerebral Palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap, 2) Bagaimanakah gambaran kemampuan motorik halus sebelum dan sesudah diberikan kegiatan melipat kertas origami pada murid Cerebral Palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap, 3) Apakah ada peningkatan kemampuan motorik halus melalui kegiatan melipat kertas origami pada anak Cerebral Palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap. Tujuan Penelitian ini adalah: Mengetahui peningkatan kemampuan motorik halus murid Cerebral Palsy kelas dasar III SLB Negeri 1 Sidrap sesudah diberikan kegiatan melipat kertas origami. Untuk mengetahui kemampuan motorik halus anak Cerebral Palsy kelas dasar III SLB Negeri 1 Sidrap sebelum dan sesudah diberikan kegiatan melipat kertas origami. Dalam penelitian ini adalah 1 orang murid Cerebral Palsy duduk di kelas III di SLB Negeri 1 Sidrap. Pendekatan dalam penelitian adalah Pendekatan Deskriptif dan jenis penelitian adalah kualitatif. Teknik Pengumpulan data yaitu tekhnik tes dan analisis data. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan penerapan kegiatan melipat kertas origami dapat meningkatakan kemampuan motorik halus pada murid Cerebral Palsy Kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: dengan penerapan kegiatan melipat kertas origami dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:12
Last Modified: 25 Feb 2022 07:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

View Item View Item