PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 SIDRAP

MUH. HARDI RS (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI TEKNIK LATIHAN GRAPHOMOTOR PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 1 SIDRAP.

[img] Text
SKRIPSI . MUH. HARDI RS(1445040026).pdf

Download (1MB)

Abstract

MUH. HARDI RS, 2020. “Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Teknik Latihan Graphomotor Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap” Skripsi ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M.Pd dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah bahwa rendahnya kemampuan murid tuna daksa jenis cerebral palsy tipe spastik diplegia dalam menulis huruf permulaan dalam bentuk huruf kapital. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah meningkatkan hasil kemampuan menulis permulaan anak cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap, melalui teknik latihan graphomotor”? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menulis permulaan melalui teknik latihan graphomotor pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tuna daksa jenis cerebral palsy duduk di kelas III di SLB Negeri 1 Sidrap. pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini adalah deskriptif. Tekhnik pengumpulan data ialah teknik tes dan analisis data ialah statistik. Hasil peneliti menunjukkan bahwa sebelum menggunakan metode teknik latihan graphomotor murid di kategorikan cukup mampu dalam menulis huruf kapital dengan cukup baik sedangkan setelah menggunakan metode teknik latihan graphomotor murid dikategorikan sangat mampu menulis huruf kapital dengan sangat baik, namun perlunya latihan terus menerus sehingga mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Kesimpulan metode teknik latihan graphomotor ialah dapat meningkatakan kemampuan menulis permulaan pada murid tunadaksa jenis cerebral palsy tipe spastik diplegia kelas dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap Kata kunci: cerebral palsy, menulis permulaan, teknik latihan graphomotor

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:08
Last Modified: 25 Feb 2022 07:08
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item