PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAKAI SEPATU BERTALI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS V DI SLB NEGERI 1 GOWA

FEBY NURUL FALAH (2022) PENERAPAN METODE DRILL TERHADAP PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAKAI SEPATU BERTALI PADA ANAK TUNAGRAHITA SEDANG KELAS V DI SLB NEGERI 1 GOWA.

[img] Text
SKRIPSI FEBY NURUL FALAH (1645040004)fix.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL 2020 feby.pdf

Download (210kB)

Abstract

FEBY NURUL FALAH, 2020. Penerapan metode Drill terhadap peningkatan keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa. Skripsi. Dibimbing Oleh Prof. Dr. H. Abdul Hadis, M. Pd dan Dra. Hj. Kasmawati, M. Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan keterampilan memakai sepatu bertali anak tunagrahita sedang pada program khusus bina diri di SLB Negeri 1 Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan metode Drill dalam meningkatakan keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) keterampilan memakai sepatu bertali sebelum penerapan metode Drill pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa, (2) keterampilan memakai sepatu bertali sesudah penerapan metode Drill pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa, (3) Penerapan metode Drill terhadap peningkatan keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah seorang anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah tes perbuatan memakai sepatu bertali. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, mendeskripsikan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa sebelum penerapan metode Drill berada pada kategori kurang, (2) keterampilan memakai sepatu bertali pada anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa sesudah penerapan metode Drill berada pada kategori baik sekali, (3) penerapan metode Drill dapat membantu anak tunagrahita sedang kelas V di SLB Negeri 1 Gowa dalam meningkatkan keterampilan memakai sepatu bertali yang berada pada ketegori baik sekali. Kata kunci: Keterampilan memakai sepatu bertali, Metode Dril, Anak Tunagrahita Sedang

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 07:04
Last Modified: 25 Feb 2022 07:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22400

Actions (login required)

View Item View Item