. Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng.

Megawati, Megawati (2015) . Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Megawati.docx

Download (21kB)

ABSTRAK Megawati, 2015. Pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Skripsi Prodi Pendidikan IPS, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Makassar (di bimbing oleh Dr.Herman, S.Pd., M.Si dan Dr. Ibrahim, S.Ag., M.Pd) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) gambaran komunikasi antara orang tua dengan guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 2) gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng, 3) pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng. Penelitian dilakukan dengan pendekatan statistik kuantitatif asosiatif. Variabel penelitian terdidri dari komunikasi orang tua dengan guru (variabel X) dan kualitas pembelajaran (variabel Y). Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 1 Marioriwawo yang berjumlah 449 siswa dan ditarik sampel sebanyak 83 siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial.Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa gambaran komunikasi antara orang tua dengan guru di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori “baik”. Hal tersebut menunjukkan bahwa perwujudan pengaruh komunikasi orang tua dengan guru sudah baik, dikarenakan telah mampu memiliki keterbukaan, empati, dukungan, rasa positif, dan kesetaraan. Gambaran kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori “baik” hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru baik kualitas pembelajaran IPS baik dikarenakan telah mampu memiliki perilaku pembelajaran pendidik (guru), perilaku dan dampak belajar peserta didik, iklim pembelajaran., materi pembelajaran yang berkualitas, kualitas media pembelajaran, dan sistem pembelajaran di sekolah. Dan gambaran pengaruh komunikasi orang tua dengan guru terhadap peningkatan kualitas pembelajaran IPS di SMP Negeri 1 Marioriwawo Kecamatan Marioriwawo Kabupaten Soppeng berada pada kategori kuat hal tersebut menunjukkan bahwa apabila komunikasi orang tua dengan guru baik kualiats pembelajaran IPS baik tapi apabila sebaliknya komunikasi orang tua dengan guru tidak berjalan dengan baik maka berpengaruh tidak baik juga pada kualitas pembelajaran IPS.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: ?? sch_law ??
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Apr 2016 07:02
Last Modified: 25 Apr 2016 07:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item