KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE DRILL PADA MURID LOW VISION DI SLB A-YAPTI MAKASSAR

AYU ARYANI (2022) KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN MELALUI METODE DRILL PADA MURID LOW VISION DI SLB A-YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI PRINT jilid.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL AYUUUU.pdf

Download (641kB)

Abstract

AYU ARYANI, 2020.Kemampuan Menulis Permulaan Melalui Metode Drill pada Murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar. Skripsi dibimbing oleh Drs. Mufa’adi,M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis permulaan murid Low Vision pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB A-YAPTI Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan menulis permulaan melalui Metode Drill pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar” Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar pada kondisi awal (Baseline 1/A1), 2) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar pada kondisi selama perlakuan (Intervensi (B)). 3) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar pada kondisi Setelah diberikan perlakuan (Baseline 2/A2), 4) kemampuan menulis permulaan pada murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar Sebelum dan Setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah satu orang murid Low Vision kelas IV di SLB A-YAPTI Makassar yang berinisial MAZ. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini : 1) Kemampuan menulis permulaan murid Low Vision di SLB AYAPTI Makassar pada (Baseline 1/ A1) terdapat empat sesi dan memperoleh nilai yang sama termaksud dalam kategori sangat rendah, 2) kemampuan menulis permulaan murid Low Vision di SLB A-YAPTI Makassar saat diberikan intervensi melalui metode Drill (intervensi/ B) kemampuan menulis termaksud dalam kategori sangat tinggi, 3) Kemampuan menulis permulaan murid Low Vision di SLB AYAPTI Makassar setelah diberikan perlakuan (intervensi) melalui metode Drill (Baseline 2/ A2) kemampuan menulis mengalami perubahan atau peningkatan dibandingan kondisi baseline 1 (A1), 4) kemampuan menulis permulaan Subjek (MAZ) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan kondisi Baseline 1 (AI) ke kondisi intervensi (B) mendatar ke menaik, dan kondisi intervensi (B) ke kondisi baseline 2 (A2) menaik ke menurun, serta nilai yang diperoleh lebih menaik dibandingkan sebelum diberikan intervensi (Baseline 1 / A1). Kata kunci: Metode Drill, Kemampuan menulis permulaan, Low Vision

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:51
Last Modified: 25 Feb 2022 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22397

Actions (login required)

View Item View Item