PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN METODE MEMBACA UJARAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIII DI SLB ARNADYA MAKASSAR

PUTRI SUCI NURJANA LAYDIA (2022) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYIMAK MELALUI PENERAPAN METODE MEMBACA UJARAN PADA SISWA TUNARUNGU KELAS VIII DI SLB ARNADYA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI PUTRI SUCI NURJANA LAYDIA 1545041012.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL PUTRI SUCI LAYDIA 1545041012.pdf

Download (243kB)

Abstract

PUTRI SUCI NURJANA LAYDIA, 2020. Peningkatan Keterampilan Menyimak Melalui Penerapan Metode Membaca Ujaran Pada Siswa Tunarungu Di SLB Arnadya Makassar. Dibimbing Oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Dr. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini berdasarkan pada rendahnya keterampilan menyimak siswa Tunarungu pada saat Proses Belajar Mengajar yang hasilnya kurang dari KKM di SLB Arnadya Makassar. Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah “Bagaimana peningkatan keterampilan menyimak pada siswa Tunarungu di SLB Arnadya Makassar?” Tujuan Penelitian ini ialah untuk mengetahui pengaruh penerapan Metode Membaca Ujaran terhadap keterampilan menyimak pada siswa Tunarungu di SLB Arnadya Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen subjek tunggal yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Kesimpulan penelitian ini: 1) Keterampilan menyimak subjek (BR) sebelum diberikan perlakuan sangat rendah, 2) Penerapan metode membaca ujaran untuk meningkatkan keterampilan menyimak subjek penelitian (BR) dapat meningkat, masuk dalam kategori tinggi, 3) Keterampilan menyimak subjek (BR) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan masuk dalam kategori tinggi, 4) Perbandingan keterampilan menyimak subjek (BR) sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukan peningkatan dari kategori sangat rendah menjadi kategori tinggi dan stabil. Dengan demikian keterampilan menyimak siswa setelah diberikan perlakuan melalui metode membaca ujaran, mengalami peningkatan dan lebih baik dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata Kunci: Keterampilan Menyimak, Metode Membaca Ujaran, Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:47
Last Modified: 25 Feb 2022 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22396

Actions (login required)

View Item View Item