Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjua dari gaya belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sengkang

Zulfadli, Zulfadli (2016) Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjua dari gaya belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sengkang. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zulfadli, 2016. Deskripsi kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjua dari gaya belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sengkang. Skripsi. Jurusan matematika fakultas matematika dan ilmu pengetahuan alam universitas negeri makassar. Penelitian ini adalah penelitian deskriprif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan langkah polya ditinjau dari gaya belajar siswa kelas XI MIA SMA Negeri 3 Sengkang. Data gaya belajar siswa diperoleh dari pemberian kuesioner penilaian gaya belajar visual-auditorial-kinestetik, sedangkan data kemampuan pemecahan masalah matematika siswa diperoleh dengan menggunakan tes pemecahan masalah matematika. Pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Pemilihan subjek penelitian dilakukan dengan membagi siswa ke dalam tiga kelompok, yaitu gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik, kemudian memilih satu siswa dengan skor gaya belajar paling tinggi pada setiap kelompok gaya belajar sebagai subjek utama penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa berdasarkan langkah polya ditinjau dari gaya belajar siswa terlihat jelas pada langkah memahami masalah, merencanakan penyelesaikan masalah dan memeriksa kembali. Subjek yang memiliki gayabelajar visual memahami masalah, merencanakan penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali pada saat memecahkan masalah. Subjek yang memiliki gaya belajar auditorial memahami masalah, merencanakan penyelesaian masalah, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali pada saat memecahkan masalah. Subjek yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak memahami masalah, tidak merencanakan penyelesaian dengan tepat, melaksanakan rencana sesuai dengan rencana, dan tidak melakukan pemeriksaan kembali pada saat memecahkan masalah Kata kunci: Gaya belajar (visual, auditorial, dan kinestetik) dan kemampuan pemecahan masalah matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:45
Last Modified: 20 Mar 2017 01:45
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2239

Actions (login required)

View Item View Item