MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU MELALUI METODE DRILL PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

RIANTOMO DEMMANGNGETUNG (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMAKAI SEPATU MELALUI METODE DRILL PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS IV DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI RIANTOMO DEMMANGNGETUNG.pdf

Download (1MB)
[img] Text
JURNAL RIANTOMO DEMMANGNGETUNG.pdf

Download (221kB)

Abstract

RIANTOMO DEMMANGNGETUNG, 2020. Meningkatkan kemampuan memakai sepatu melalui metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Si dan Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah ada anak cerebral palsy kelas IV di SD Maccini Baru Makassar yang tidak mampu memakai sepatu sendiri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru sebelum menggunakan metode drill ? 2) Bagaimanakah kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru setelah menggunakan metode drill? 3) Apakah ada peningkatan kemampuan memakai sepatu melalui metode drill murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru?. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui: 1) Kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru sebelum menggunakan metode drill.2) Kemampuan memakai sepatu murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru setelah menggunakan metode drill.3) Adanya peningkatan kemampuan memakai sepatu melalui metode drill murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan memakai sepatu sebelum dan setelah penggunaan metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan teknik tes. Subyek dalam penelitian ini adalah murid cerebral palsy tipe spastik kelas IV yang dimana hanya satu orang. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) kemampuan memakai sepatu melalui metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar sebelum penggunaan metode drill berada dalam kategori kurang, 2) kemampuan memakai sepatu melalui metode drill pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar setelah penggunaan metode drill berada dalam kategori baik, 3) penggunaan metode drill dapat meningkatkan kemampuan memakai sepatu pada murid cerebral palsy kelas IV di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Kata kunci: kemampuan memakai sepatu, metode drill, murid cerebral palsy

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:15
Last Modified: 25 Feb 2022 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22389

Actions (login required)

View Item View Item