PENGGUNAAN FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK AUTIS ASPERGER KELAS III DI SLB ARNADYA MAKASSAR

FARZHA RAMDHANI SOHARDINA (2022) PENGGUNAAN FLIP CHART DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA ANAK AUTIS ASPERGER KELAS III DI SLB ARNADYA MAKASSAR.

[img] Text
Skripsi Farzha Ramdhani Sohardina 1645041002.pdf

Download (9MB)
[img] Text
JURNAL Farzha Ramdhani Sohardina 1645041002(1).pdf

Download (806kB)

Abstract

FARZHA RAMDHANI SOHARDINA, 2020. Penggunaan flip chart dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman pada anak autis asperger kelas III di SLB Arnadya Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M. Si dan Dr. Usman, M. Si; Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kemampuan membaca pemahaman anak autis pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SLB Arnadya Makassar, dimana anak belum memahami isi bacaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada anak autis kelas III di SLB Arnadya Makassar melalui penggunaan flip chart. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mngetahui: (1) Kemampuan membaca pemahaman pada anak autis asperger kelas III di SLB Arnadya Makassar pada fase baseline 1 (A1), (2) Kemampuan membaca pemahaman pada anak autis asperger kelas III di SLB Arnadya Makassar pada fase intervensi (B), (3) Kemampuan membaca pemahamn pada anak autis asperger kelas III di SLB Arnadya Makassar pada fase baseline 2 (A2), (4) Kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan flip chart berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada anak autis asperger kelas III di SLB Arnadya Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah anak autis kelas III berinisial AM. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Hasil penelitian ini dapat dapat disimpulkan: (1) kemampuan membaca pemahaman subjek AM mengalami kesulitan dalam memahami isi bacaan sangat rendah berdasarkan pada kondisi baseline 1 (A1), (2) kemampuan membaca pemahaman subjek AM selama diberikan perlakuan meningkat ke kategori cukup dari analisis dalam kondisi intervensi (B), (3) kemampuan membaca pemahaman subjek AM setelah diberikan perlakuan meningkat ke kategori rendah dilihat dari kondisi baseline 2 (A2), (4) peningkatan kemampuan membaca pemahaman subjek AM berdasarkan hasil analisis antar kondisi yaitu kondisi sebelum diberikan perlakuan kemampuan anak sangat rendah, meningkat ke kategori cukup selama diberikan perlakuan, dan dari kategori sangat tinggi pada kondisi selama diberikan perlakuan menurun ke kategori rendah setelah diberikan perlakuan, akan tetapi nilai yang diperoleh subjek AM lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Dengan demikian kemampuan membaca pemahaman anak setelah diberikan perlakuan tetap dikatakan meningkat, hal ini disebabkan karena adanya pengaruh dari pemberian intervensi. Kata kunci: Flip Chart, Membaca Pemahaman, Autis Asperger

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:12
Last Modified: 25 Feb 2022 06:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22388

Actions (login required)

View Item View Item