PENGARUH ANIMASI DALAM KEMAMPUAN SHALAT PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IX SMPLB DI SLB C YPPLB MAKASSAR

MUHAMMAD HIDAYATULLAH (2022) PENGARUH ANIMASI DALAM KEMAMPUAN SHALAT PADA MURID TUNAGRAHITA SEDANG KELAS IX SMPLB DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI DAYAT.pdf

Download (1MB)

Abstract

MUHAMMAD HIDAYATULLAH 2019 Efektivitas Kemampuan Shalat Melalui Pengaruh Animasi Pada Murid Tunagrahita Sedang Kelas IX di SLB C YPPLB Makassar. Skripsi. Di bimbing oleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Drs. Andi Budiman, M. Kes. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Seorang murid dari SLB C YPPLB Makassar kurang dalam kemampuan shalat,baik itu pada gerakan maupun pada bacaan shalat atau dalam masalah tersebur, peneliti ingin mengkaji tentang kemampuan shalat murid tunagrahita sedang pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, terutama pada bacaan dan gerakan shalat di SLB C YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah ”Bagaimanakah pengaruh animasi dalam kemampuan sholat murid tunagrahita sedang kelas IX SMPLB di SLB C YPPLB Makassar”. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) Kemampuan sholat murid tunagrahita sedang kelas IX SMPLB di SLB C YPPLB Makassar dalam kondisi awal, (2) Pengaruh animasi dalam kemampuan sholat murid tunagrahita sedang kelas IX SMPLB di SLB C YPPLB Makassar selama diberi perlakuan, (3) kondisi baseline 2 (A2) selama masa jeda. (4) peningkatan kemampuan shalat pada murid tunagrahita sedang kelas IX SMPLB di SLB C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1(A1) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan dan tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita sedang kelas IX SMPLB berinisial MIR. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaruh animasi shalat efektif dapat meningkatkan kemampuan shalat pada anak tunagrahita sedang Kelas IX SMPLB di SLB C YPPLB Makassar. Kata kunci: Kemampuan Shalat, Animasi, Tunagrahita Sedang.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 06:04
Last Modified: 25 Feb 2022 06:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item