MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN KOLOM POLAMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VI DI SLB-A YAPTI MAKASSAR

SRI KARMILASARI (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN OPERASI PERKALIAN BERSUSUN DENGAN MENGGUNAKAN KOLOM POLAMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNANETRA KELAS VI DI SLB-A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI SRI KARMILASARI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL SRI KARMILASARI.pdf

Download (384kB)

Abstract

SRI KARMILASARI 2019 Meningkatkan kemampuan operasi perkalian bersusun dengan menggunakan kolom polamatika pada peserta didik tunanetra kelas VI di SLB-A YAPTI Makassar, Skripsi, Dibimbing oleh, Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M. Pd dan Dr. H. Syamsuddin, M. Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya mengoperasikan perkalian pada mata pelajaran Matematika, khusunya mengoperasikan perkalian bersusun di SLB-A YAPTI Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “1.)Bagaimanakah kemampuan peserta didik dalam mengoperasi perkalian bersusun sebelum dan setelah menggunakan kolom polamatika?2.)Apakah ada peningkatan kemampuan mengoperasi perkalian bersusun peserta didik dengan menggunakan kolom polamatika?” Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui : 1.)Kemampuan peserta didik dalam mengoperasi perkalian bersusun sebelum dan setelah menggunakan kolom polamatika.2.)Peningkatan kemampuan memngoperasi perkalian bersusun peserta didik dengan menggunakan kolom polamatika. Teknik pengumpulan data yag digunakan adalah penggunaan tes perkalian dalam bentuk braille. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Pemberian media modifikasi kolom polamatika dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan perkalian bersusun pada peserta didik tunanetra. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik tunanetra kelas VI di SLB YAPTI Makassar berinisial UH. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan yaitu : kemampuan operasi perkalian pada peserta didik Tunanetra kelas VI sebelum diberikan perlakuan atau baseline 1 (A1) diklasifikasikan dalam kategori sangat rendah, kemampuan operasi perkalian bersusun peserta didik selama diberikan perlakuan atau intervensi (B) diklasifikasikan dalam kategori sangat tinggi, kemampuan operasi perkalian bersusun peserta didik setelah diberikan perlakuan atau baseline 2 (A2) diklasifikasikan dalam kategori tinggi. Sehingga memiliki arti bahwa dengan menggunakan jenis penelitian SSR dan menggunakan media modifikasi kolom polamatika dapat meningkatkan kemampuan mengoperasikan perkalian bersusun pada peserta didik Tunanetra kelas VI di SLB-A YAPTI Makassar. Kata kunci: Kolom Polamatika, Kemampuan Operasi Perkalian Bersusun, Tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:55
Last Modified: 25 Feb 2022 05:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22386

Actions (login required)

View Item View Item