IMPLEMENTASI GAWANG PENJUMLAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNGPENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB C YPPLB MAKASSAR

ISA BELA ISLAMI (2022) IMPLEMENTASI GAWANG PENJUMLAHAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNGPENJUMLAHAN PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS VI DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNALSKRIPSI ISA BELA ISLAMI.pdf

Download (324kB)

Abstract

ISA BELA ISLAMI 2019 Implementasi Gawang Penjumlahan untuk Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas VI di SLB-C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Bastiana, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan berhitung penjumlahan dua atau lebih bilangan asli yang hasil dari penjumlahan tersebut adalah lebih dari 10 di SLB C YPPLB Cendrawasih Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1)Bagaimanakah implementasi media gawang penjumlahan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas dasar VI di SLB C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi, 2) Bagaimanakah implementasi media gawang penjumlahan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada anak tunagrahita ringan kelas dasar VI di SLB C YPPLB Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah penggunaan tes perbuatan dan tes tertulis. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid tunagrahita ringan kelas VI di SLB C YPPLB Cendrawasih Makassar berinisial A. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penerapan Gawang Penjumlahan yang dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan asli pada anak tunagrahita ringan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa implementasi gawang penjumlahan dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan bilangan asli pada anak tunagrahita ringan kelas VI di SLB C Cendrawasih YPPLB Makassar, terutama pada penjumlahan dua bilangan atau lebih yang hasilnya lebih dari 10. Kata kunci: Gawang, Penjumlahan, Kemampuan Berhitung, Tunagrahita Ringan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 05:51
Last Modified: 25 Feb 2022 05:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22385

Actions (login required)

View Item View Item