Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas

Torro, Supriadi and Kasim, Nuraeni and Tenri Awaru, A. Octamaya (2021) Implementasi model problem based learning berbasis kearifan lokal dalam meningkatkan motivasi belajar siswa sekolah menengah atas. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 7 (2). pp. 197-202. ISSN 2477-8524

[img] Text (Jurnal Ilmiah)
10 Implementasi model problem based learning berbasis kearifan.pdf

Download (555kB)
[img] Text
Peer Review Implementasi Model Problem Based Learning.pdf

Download (1MB)
[img] Text (Hasil turnitin)
10 Turnitin Implementasi model problem based learning berbasis kearifan.pdf - A. Octamaya Tenri Awaru.pdf

Download (1MB)
Official URL: https://jurnal.iicet.org/index.php/jppi

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi model problem based learning yang berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan morivasi belajar siswa. Jenis penelitian adalah research and development atau R&D, yang merujuk pada pengembangan model pembelajaran Plomp. Kegiatan penelitian dilakukan pada tiap-tiap fase pengembangan dengan menggunakan(a) lembar penilaian model dan penilaian kelayakan penerapannya, (b) lembar observasi, (c) angket respons siswa terhadap komponen dan kegiatan pembelajaran, (d) angket respon guru, (e) lembar penilaian hasil belajar, dan (f) format validasi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Data dianalisis melalui kevalidan Model PBI-BBL. Hasil penelitian menemukan model PBL yang dikembangkan bersifat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran. Hasil penilaian menunjukan pemahaman siswa sudah efektif, dan hasil belajar siswa juga sudah efektif dalam meningkatkan hasil belajar, dan aktivitas belajar siswa meningkat. Hasil pengamatan terhadap keterlaksanan model dan pengelolaan dan pelaksanaan pembelajaran seperti; sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi (perilaku guru), aktivitas siswa, sistem pendukung, dan lingkungan belajar serta tugas-tugas pengelolaan seluruhnya dapat dilaksanakan dengan kategori tinggi serta direspon baik oleh guru dan siswa. Hasil penilaian terhadap komponen-komponen seperti; teori pendukung, sintaks, sistem sosial, prinsip reaksi (perilaku guru), sistem pendukung, dan lingkungan belajar serta tugas-tugas pengelolaan seluruhnya berada pada kategori sangat valid.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Nuhasni Muis
Date Deposited: 09 Mar 2022 08:49
Last Modified: 31 May 2022 05:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22383

Actions (login required)

View Item View Item