IMPLEMNTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNARUNGU KELAS V SD DI SLB TP-PKK KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SUL-BAR

MUHAMMAD FIRMAN (2022) IMPLEMNTASI PENDEKATAN PEMBELAJARAN SCIENTIFIK DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA MURID TUNARUNGU KELAS V SD DI SLB TP-PKK KECAMATAN SENDANA KABUPATEN MAJENE PROVINSI SUL-BAR.

[img] Text
MUHAMMAD FIRMAN_1245040087.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (327kB)

Abstract

Muhammad Firman, 2019.Implementasi Pendekatan Pembelajaran Scientifik dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Murid Tunarungu Kelas V Di SLB TP-PKK Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sul-bar. Skripsi Dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M.Si dan Drs. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universita Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan mengetahui bagin-bagian tumbuhan dan fungsinya pada murid tunarungu kelas V di SLB TPPKK Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sul-bar. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana implementasi pendekatan pembelajaran scientifik dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB TPPKK Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sul-bar ? Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pendekatan pembelajaran scientifik dalam meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB TP-PKK Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sul-bar. Desain penelitian yang digunakan adalah “One Group Pre test – post test”. Dengan menggunakan desain tersebut sebelum diberikan perlakuan dengan menerapkan pendekatan pembelajaran scientifik pada murid tunarungu kelas V di SLB TP-PKK Kecamatan Sendana Kabupaten Majene Provinsi Sulbar, setelah itu diberikan perlakuan dengan ”menerapkan pendekatan pembelajaran scientifik. Jumlah subjek penelitian ini adalah sebanyak 1 (satu) orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Teknik Tes, Teknik Dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yang dilakukan terhadap skor hasil tes yang diperoleh murid sebelum dan sesudah diterapkan pendekatan pembelajaran scientifik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar mengetahui bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada murid tunarungu sebelum penerapan pendeketan pembelajaran scientifik dalam kategori kurang, Selanjutnya kemampuan mengetahui bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya pada murid tunarungu kelas V di SLB TP-PKK Kecamtan sendana Kabupaten Majene Provinsi Sul-bar sesudah di terapkan pendekatan pembelajaran scientifik termasuk dalam kategori tinggi. dan adanya peningkatan kemampuan mengetahui bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya menunjukkan bahwa murid tunarungu kelas V di SLB TP-PKK Kecamtan sendana Kabupaten Majene Provinsi Sul-bar sebelum di terapkan metode pendekatan pembelajaran scientifik berbeda dengan sesudah di terapkan pendekatan pembelajaran scientifik, jadi kemampuan mengetahui bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya mengalami peningkatan.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:33
Last Modified: 25 Feb 2022 03:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22379

Actions (login required)

View Item View Item