PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK AUTIS DASAR III DI SLBN SOMBA OPU KAB. GOWA

RISDHA NURUL FADILLA (2022) PENGGUNAAN MEDIA PAPAN FLANEL DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA VERBAL ANAK AUTIS DASAR III DI SLBN SOMBA OPU KAB. GOWA.

[img] Text
SKRIPSI RISDHA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL.pdf

Download (103kB)

Abstract

RISDHA NURUL FADILLA, 2019. Skripsi Penggunaan Media Papan Flanel Dalam Meningkatkan Kemampuan Bahasa Verbal Anak Autis Dasar III DI SLBN Somba Opu Kab. Gowa Dibimbing oleh Dr. Mustafa M.Si dan Dr.Bastiana M.Si.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah penggunaan mediapapan flaneldalam meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak autis kelas dasar III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa. Adapun rumusan masalahnya adalah 1) Bagaimanakah penerapan media papan flanel dalam meningkatkan kemampuanbahasa verbal anak autis dasar III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa?” 2) Bagaimanakah kemampuan bahasa verbal sebelum dan sesudah penerapan media papan flanel pada anak autis dasar kelas III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa? 3) . apakah penerapan papan flanel dapat meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak autis dasar kelas III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa ? . Tujuan penelitian ini 1) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa verbal melalui penggunaan media papan flanel anak autis dasar III di SLBN Somba Opu Kab.Gowa. 2) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa verbal sebelum dan sesudah penerapan media papan flanel pada anak autis dasar kelas III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa 3). Untuk mengetahui pengaruh penerapan papan flanel dalam meningkatkan kemampuan bahasa verbal anak autis dasar kelas III di SLBN Somba Opu Kab. Gowa Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif, yaitu melakukan pembelajaran untuk mengetahui kemampuan bahasa verbal pada siswa autissebelum dan setelah menggunakan media papan flanel. Penelitian ini mengkaji dua variabel, yaitu: Penggunaan media papan flanelsebagai variabel bebas atau yang mempengaruhi (independen), dan bahasa verbal sebagai variabel terikat atau yang dipengaruhi (dependen). Desain penelitian yang digunakan adalah One-shot case-stay artinya penelitian ini membandingkan kemampuan bahasa verbal sebelum dan setelah diberikan perlakuan dengan penggunaan media papan flanel.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 03:20
Last Modified: 25 Feb 2022 03:20
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22377

Actions (login required)

View Item View Item