PENINGKATAN KOMUNIKASI NONVERBAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI VISUAL PADA MURID AUTIS KELAS DASAR VI DI SLB NEGERI 1 TAKALAR

YULIA QUR’ANI (2022) PENINGKATAN KOMUNIKASI NONVERBAL DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI VISUAL PADA MURID AUTIS KELAS DASAR VI DI SLB NEGERI 1 TAKALAR.

[img] Text
SKRIPSI YULIA QUR’ANI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI yulia qur'ani.pdf

Download (385kB)

Abstract

YULIA QUR’ANI 2019 Peningkatan Komunikasi Nonverbal dengan Menggunakan Strategi Visual Pada Murid Autis Kelas Dasar VI di SLB Negeri 1 Takalar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Hj. Kasmawati, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan komunikasi nonverbal murid autis ringan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya mengenai bahasa ekspresif di SLB Negeri 1 Takalar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan bahasa ekspresif dengan menggunakan strategi visual pada anak autis kelas dasar VI di SLBN 1 Takalar?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui:1) Kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis kelas dasar VI di SLBN 1 Takalar sebelum menggunakan strategi visual. 2) Kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis kelas dasar VI di SLBN 1 Takalar selama menggunakan strategi visual. 3) Kemampuan bahasa ekspresif pada anak autis kelas dasar VI di SLBN 1 Takalar setelah menggunakan strategi visual. 4) Perbandingan kemampuan bahasa ekspresif antara sebelum, selama, dan setelah menggunakan strategi visual pada murid autis kelas dasar VI di SLBN 1 Takalar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang murid autis hipo aktif kelas dasar VI di SLB Negeri 1 Takalar berinisial ATB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menerapkan metode eksperimen dengan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan strategi visual dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif murid autis hipo aktif. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dengan grafik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penggunaan strategi visual dapat meningkatkan kemampuan berbahasa ekspresif murid autis ringan kelas dasar VI di SLB Negeri 1 Takalar. Kata kunci: Strategi visual, komunikasi nonverbal, bahasa ekspresif, Autis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:55
Last Modified: 25 Feb 2022 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22372

Actions (login required)

View Item View Item