PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KERTAS LIPAT BERWARNA PADA MURID TUNARUNGU KELAS II DI SLB YPPLB MAKASSAR

Dewi kurnia Y (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL BANGUN DATAR MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KERTAS LIPAT BERWARNA PADA MURID TUNARUNGU KELAS II DI SLB YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
JURNAL DEWI.pdf

Download (403kB)

Abstract

Dewi Kurnia, 2019, Peningkatan kemampuan mengenal bangun datar melalui penggunaan media kertas lipat berwarna pada murid tunarungu kelas II di SLB YPPLB Makassar, Skripsi di bimbing oleh Dra. Tatiana Meidina, M.Si dan Drs.Mufa’adi, M.Si Prodi Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah penelitian ini yaitu dua siswa tunarungu yang mengalami ketidakmampuan dalam mengenal bentuk bangun datar di kelas II di SLB-B YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Apakah penggunaan media kertas lipat berwarna dapat meningkatkan kemampuan mengenal bangun datar pada murid tunarungu kelas II di SLB-B YPPLB Makassar?. Berdasarkan pada rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah; untuk mengetahui peningkatan mengenal bangun datar dengan menggunakan media kertas lipat berwarna pada siswa tunarungu kelas II di SLB-B YPPLB Makassar. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal bentuk bangun datar sebelum dan setelah penggunaan media kertas lipat berwarna kelas II di SLB-B YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pengamatan. objek penelitian ini adalah murid tunarungu kelas II di SLB-B YPPLB Makassar berjumlah dua orang.Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan mengenal bentuk bangun datar sebelum penggunaan media kertas lipat berwarna berada pada kategori sangat kurang. Kemudian setelah penggunaan media kertas lipat berwarna terjadi peningkatan kemampuan mengenal bentuk bangun datar pada siswa tunarungu kelas II di SLB-B YPPLB Makassar yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu peningkatan kemampuan mengenal bangun datar melalui penggunaan media kertas lipat berwarna pada murid tunarungu kelas II di SLB-B YPPLB Makassar

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:46
Last Modified: 25 Feb 2022 02:46
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22369

Actions (login required)

View Item View Item