PENINGKATAN KEMANDIRIAN DI LINGKUNGAN BARU MELALUI METODE DRILL DENGAN PENGGUNAAN LONG CANE PADA SISWA TUNANETRA KELAS VIII DI SLB A YAPTI MAKASSAR

NIKODEMUS PALIMBONG (2022) PENINGKATAN KEMANDIRIAN DI LINGKUNGAN BARU MELALUI METODE DRILL DENGAN PENGGUNAAN LONG CANE PADA SISWA TUNANETRA KELAS VIII DI SLB A YAPTI MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI NIKODEMUS PALIMBONG.pdf

Download (5MB)
[img] Text
JURNAL NIKODEMUS PALIMBONG.pdf

Download (190kB)

Abstract

NIKODEMUS PALIMBONG, 2019. Peningkatan Kemandirian di Lingkungan Baru Melalui Penggunaan Metode Drill pada Siswa Tunanetra Kelas VIII di SLB A YAPTI Makassar. Skripsi dibimbing oleh Dr. Purwaka Hadi, M.Si. dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd.. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemandirian anak Siswa tunanetra pada matapelajaran Orientasi dan Mobilitas di SLB A Yapti Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “ (1) Bagaimanakah kemandirian di lingkungan baru sebelum penggunaan metode drill siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar ?, (2) Bagaimanakah kemandirian di lingkungan baru setelah penggunaan metode drill siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar ?, (3) Apakah terdapat peningkatan kemandirian di lingkungan baru melalui penggunaan metode drill siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Kemandirian di lingkungan baru sebelum penggunaan metode drill siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar, (2) Kemandirian di lingkungan baru setelah penggunaan metode drill siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar, (3) Peningkatan kemandirian di lingkungan baru melalui penggunaan metode drill siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan. Subjek penelitian ini adalah satu orang Siswa Tunanetra kelas VIII SLB A YAPTI Makassar berinisial AG. Penelitian ini menggunakan metode Drill menggunakan Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penguasaan ruang di lingkungan baru siswa tunanetra kelas VIII: Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan di atas maka dapat diperoleh kesimpulan, (1) Kemandirian di lingkungan baru siswa tunanetra kelas VIII di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penerapan metode latihan berada pada kategori sangat kurang, (2) Kemandirian di lingkungan baru siswa tunanetra kelas VIII di SLB-A YAPTI Makassar sebelum penerapan metode latihan berada pada kategori baik sekali. (3) Ada peningkatan kemandirian di lingkungan baru siswa tunanetra kelas VIII SLB-A YAPTI Makassar setelah penerapan metode latihan. Kata kunci: Kemandirian di lingkungan baru, Metode Drill, Tunanetra

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:32
Last Modified: 25 Feb 2022 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

View Item View Item