PENGGUNAAN GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB B YPPLB MAKASSAR

SETYAWAN (2022) PENGGUNAAN GARIS BILANGAN DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PADA ANAK TUNARUNGU KELAS II DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (5MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (629kB)

Abstract

SETYAWAN, 2019 “Penggunaan Garis Bilangan dalam Meningkatkan Kemampuan Menghitung pada Anak Tunarungu Kelas II di SLB B YPPLB Makassar” Skripsi. Dibimbing oleh Dra. Hj. Kasmawati, M.Si dan Drs.H. Agus Marsidi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah ketidakmampuan berhitung yang dialami anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar sehingga kesulitan dan kurangnya ketertarikan anak dalam melakukan pengurangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : “Bagaimanakah peningkatkan kemampuan menghitung dengan menggunakan garis bilangan pada anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar ?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1).Untuk mengetahui kemampuan menghitung anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar sebelum penggunaan media garis bilangan. (2).Untuk mengetahui kemampuan menghitung anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar sesudahh penggunaan media garis bilangan. (3).Untuk mengetahui adakah peningkatan kemampuan menghitung melalui penggunaan media garis bilangan pada anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, yaitu mengetahui peningkatan kemampuan menghitung pada anak tunarungu melalui penggunaan media garis bilangan, serta menggambarkan kemampuan menghitung pengurangan anak tunarungu sebelum dan setelah penggunaan garis bilangan pada kelas II di SLB B YPPLB Makassar. Subjek penelitian ini adalah anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar yang berjumlah dua orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk gambaran peningkatan kemampuan menghitung anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar sebelum dan sesudah penggunaan garis bilangan menggunakan nilai rata-rata tes awal dan tes akhir. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berhitung sebelum menggunakan media garis bilangan berada pada kategori kurang. Kemudian setelah penggunaan media garis bilangan terjadi peningkatan kemampuan menghitung pada anak anak tunarungu kelas II diSLB B YPPLB Makassar yaitu berada pada kategori baik sekali. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat peningkatan kemampuan menghitung pada anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar dari kategori kurang menjadi baik sekali, berarti media garis bilangan dapat meningkatkan kemampuan menghitung pada anak tunarungu kelas II di SLB B YPPLB Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 02:11
Last Modified: 25 Feb 2022 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item