LUKMAN TRI SURYA, 2015. Komparasi Hasil Belajar Matematika antara Penerapan Pendekatan Saintifik dan Penerapan Pendekatan RME Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Makassar

TRI SURYA, LUKMAN (2016) LUKMAN TRI SURYA, 2015. Komparasi Hasil Belajar Matematika antara Penerapan Pendekatan Saintifik dan Penerapan Pendekatan RME Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Makassar. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK LUKMAN TRI SURYA, 2015. Komparasi Hasil Belajar Matematika antara Penerapan Pendekatan Saintifik dan Penerapan Pendekatan RME Model Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VIII SMPN 2 Makassar. Skripsi. Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika antara kedua penerapan pendekatan yaitu pendekatan saintifk dan RME serta kedua pendekatan disandingkan dengan perlakuan sama yaitu Model Kooperatif Tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 2 Makassar. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Makassar pada semester genap tahun pelajaran 2014/2015. Pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling technique (teknik sampel acak kelompok) dan dua kelas terpilih yaitu kelas eksperimen I dan eksperimen II. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan tiga instrumen, yaitu Tes Kemampuan Awal (pretest), Tes Hasil Belajar, dan Lembar Observasi Keterlaksanaan Pendekatan Pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan bantuan komputer berupa Software Statistical Package for Social Science (SPSS) versi 20. Hasil analisis statistik deskriptif penerapan pendekatan saintifik menunjukkan bahwa skor rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa adalah 0,5959 dengan standar deviasi 0,20215. Skor yang dicapai oleh siswa dari skor terendah 0,00 sampai dengan skor tertinggi 0,86 dengan rentang skor 0,86. Dan deskriptif penerapan pendekatan RME menunjukkan bahwa skor rata-rata peningkatan hasil belajar matematika siswa adalah 0,3536 dengan standar deviasi 0,22959. Skor yang dicapai oleh siswa dari skor terendah 0,00 sampai dengan skor tertinggi 0,71 dengan rentang skor 0,71. Hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa uji normalitas dan homogenitas, yaitu menggunakan uji kolmogorov-smirnov diperoleh nilai p-value dari kelas yang diajar dengan penerapan pendekatan saintifik model kooperatif tipe STAD adalah 0,777>0,05 yang berarti bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas tersebut berdistribusi normal dan menggunakan uji Levene’s Test for Egualiy of Variance diperoleh nilai p-value> α yaitu 0,255>0,05 berarti bahwa skor hasil belajar (gain ternormalisasi) memiliki varians yang sama serta pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji-t Independent sample t-test diperoleh nilai probabilitas 0,00. Karena 0,00< 0,05 maka H0 ditolak yang berarti terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika antara penerapan pendekatan saintifik dan pendekatan RME model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 2 Makassar. Dari hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar matematika antara penerapan pendekatan saintifik dan pendekatan RME model kooperatif tipe STAD pada siswa kelas VIII SMPN 2 Makassar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:41
Last Modified: 20 Mar 2017 01:41
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item