PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN BERSUSUN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB PRIMA KARYA MAKASSAR

ANDI NURUL SAHNA BILQIS (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN OPERASI PENJUMLAHAN BERSUSUN MENGGUNAKAN MEDIA KANTONG BILANGAN PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV DI SLB PRIMA KARYA MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI ANDI NURUL SAHNA BILQIS.pdf

Download (6MB)

Abstract

ANDI NURUL SAHNA BILQIS 2019 Peningkatan Kemampuan Operasi Penjumlahan Bersusun Menggunakan Media Kantong Bilangan pada Anak Tunarungu Kelas IV di SLB Prima Karya Makassar, Skripsi, Dibimbing oleh, Dr. Mustafa, M.Si dan Drs. Mufa’adi, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar anak tunarungu pada mata pelajaran Matematika, khususnya penjumlahan di SLB Prima Karya Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1. Apakah media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan bersusun pada anak tunarungu kelas dasar IV di SLB Prima Karya Makassar?, 2. Apakah media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi penjumlahan bersusun pada anak tunarungu kelas dasar IV di SLB Prima Karya Makassar? ”. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: Kemampuan operasi penjumlahan bersusun pada anak tunarungu kelas dasar IV di SLB Prima Karya Makassar sebelum diberikan perlakuan, kemampuan penjumlahan saat diberikan perlakuan, kemampuan penjumlahan setelah diberikan perlakuan, kemampuan penjumlahan setelah menggunakan media kantong bilangan berdasarkan hasil analisis antar kondisi sebelum ke saat diberikan perlakuan dan dari diberikan perlakuan ke setalah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian ini yaitu perbandingan kemampuan penjumlahan bersusun subjek ANI sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan, dari kategori sangat rendah meningkat menjadi kategori sangat tinggi dan dari kategori sangat tinggi menurun menjadi kategori tinggi. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong bilangan dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan bersusun anak tunarungu kelas IV di SLB Prima Karya Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:18
Last Modified: 25 Feb 2022 01:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item