PENGGUNAAN CORONG ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II SLB YPPLB MAKASSAR

MUH. HIDAYAT. R (2022) PENGGUNAAN CORONG ANGKA DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENJUMLAHAN PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS II SLB YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SAMPUL skripsi.docx

Download (40kB)
[img]
Preview
Image
PERSETUJUAN.jpg

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Image
PENGESAHAN.jpg

Download (379kB) | Preview
[img] Text
prakata_motto[1][1].docx

Download (41kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (171kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (28kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (75kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (19kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (22kB)
[img] Text
Lamp. Instrumen Penelitian yaya.docx

Download (1MB)
[img] Text
Lamp._Dokumentasi[1].doc

Download (2MB)
[img] Text
RIWAYAT_HIDUP[1].docx

Download (40kB)
[img] Text
JURNAL YAYA.docx

Download (89kB)

Abstract

MUH. HIDAYAT. R, 2018. Penerapan Corong Angka Dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Peserta Didik Tunarungu Kelas II DI SLB-B YPPLB Makassar. Skripsi, Dibimbing oleh Dr. Usman, M.Si, dan Dr.Mustafa, M.Si Jurusan Pendidikan Luar Biasa. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini adalah siswa tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar mengalami kesulitan dalam Operasi Penjumlahan angka 1 sampai 10 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1).Bagaimanakah operasi penjumlahan anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar sebelum penggunaan corong angka, (2). Bagaimanakah kemampuan operasi penjumlahan anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar setelah penggunaan corong angka, (3). Bagaimanakah peningkatan kemampuan operasi penjumlahan pada anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Cendrawasih Makassar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang (1). Untuk menegetahui kemampuan operasi penjumlahan anak tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar sebelum penggunaan corong angka, (2). Untuk mengetahui operasi penjumlahan tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar setelah penggunaan corong angka, (3). Untuk mengetahui peningkatan kemampuan operasi penjumlahan tunarungu kelas dasar II di SLB-B YPPLB Makassar peningkatan corong angka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan termasuk jenis penelitian deskriptif kuantitatif pada anak tunarungu kelas dasar II. Data dikumpulkan dengan tehnik tes perbuatan. Jumlah subjek penelitian ini adalah sebanyak tiga (3) orang. Tehnik analisis data yang digunakan adalah tehnik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1). Pelaksanaan proses pembelajaran matematika operasi penjumlahan 1 sampai 20 , (2).Kemampuan operasi penjumlahan sebelum penggunaan corong angka berada pada kategori sangat kurang dan kurang, kemampuan operasi penjumlahan setelah penggunaan corong angka berada pada kategori baik dan baik sekali, (3).Ada peningkatan kemampuan operasi penjumlahn pada anak tunarungu kelas dasar II melalui penggunaan corong angka Kata kunci : Corong Angka Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Peserta Didik Tunarungu.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:14
Last Modified: 25 Feb 2022 01:14
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22351

Actions (login required)

View Item View Item