PENERAPAN PENDEKATAN FLOOR-TIME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI NON VERBAL PADA ANAK AUTISTIC SPECTRUM DISORDER KELAS III DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR

IGNATIA NANDARI (2022) PENERAPAN PENDEKATAN FLOOR-TIME DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI NON VERBAL PADA ANAK AUTISTIC SPECTRUM DISORDER KELAS III DI SD INPRES MACCINI BARU MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI IGNATIA NANDARI (1445041009).pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL IGNATIA NANDARI (1445041009).pdf

Download (576kB)

Abstract

IGNATIA NANDARI 2019 Penerapan Pendekatan Floor-Time dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Non Verbal Pada Anak Autistic Spectrum Disorder (ASD) Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si dan Dr. Bastiana, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang kurangnya kemampuan komunikasi non verbal anak Autistic Spectrum Disorder (ASD) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah kemampuan komunikasi non verbal pada anak ASD kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar berdasarkan hasil analisis dalam kondisi? 2) Bagaimanakah kemampuan komunikasi non verbal pada anak ASD kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi?”. Tujuan dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui Kemampuan Komunikasi Non Verbal Pada Anak ASD Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1). 2) Untuk mengetahui Kemampuan Komunikasi Non Verbal Pada Anak ASD Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B). 3) Untuk mengetahui Kemampuan Komunikasi Non Verbal Pada Anak ASD Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 2 (A2). 4) Untuk mengetahui peningkatan Kemampuan Komunikasi Non Verbal melalui penggunaan pendekatan Floor-time berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) Pada Anak ASD Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengamatan, tes perbuatan dan studi dokumenter. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak ASD Kelas III SD Inpres Maccini Baru Makassar berinisial MAF. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen rancangan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan penggunaan pendekatan floor-time dapat meningkatkan kemampuan komunikasi non verbal anak ASD. 1) pada kondisi sebelum diberikan perlakuan (baseline 1 (A1)) kemampuan anak masih rendah (kurang). 2) pada kondisi selama diberikan perlakuan (intervensi) mengalami peningkatan (cukup). 3) pada kondisi setelah diberikan perlakuan (baseline (A2)) meningkat (cukup). 4) pada hasil analisis antar kondisi (A1) rendah, (B) terjadi peningkatan, (A2) meningkat setalah diberikan perlakuan pada anak (ASD) Kelas III di SD Inpres Maccini Baru Makassar. Kata kunci: Pendekatan Floor-time, kemampuan komunikasi nonverbal, Autistic Spectrum Disorder (ASD).

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 25 Feb 2022 01:04
Last Modified: 25 Feb 2022 01:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item