PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID TUNARUNGU KELAS V DI SLB B YPPLB MAKASSAR

DODY CAHYADI (2022) PENGGUNAAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MURID TUNARUNGU KELAS V DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)
[img] Text
JURNAL SKRIPSI DODY CAHYADI.pdf

Download (433kB)

Abstract

Dody Cahyadi, 2019. Penggunaan Metode Eksperimen dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Murid Tunarungu Kelas V di SLB B YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya hasil belajar murid tunarungu kelas V pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di SLB B YPPLB Makassar, khususnya pada kompetensi dasar “mengidentifikasi sumber energi dan penggunaan energi dalam kehidupan sehari-hari. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah gambaran hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB B YPPLB Makassar? (2) apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB YPPLB Makassar?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) gambaran hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB B YPPLB Makassar. (2) apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB YPPLB Makassar. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dengan tujuan subjek penelitian tiga orang murid tunarungu kelas V. Teknik pengumpulan data analisis deskriptif yang digunakan adalah pemberian tes tertulis. Analisis deskriptif dimaksud untuk mendeskripsikan secara lengkap, jelas dan akurat mengenai hasil belajar IPA pada murid tunarungu menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa (1) hasil belajar IPA murid tunarungu kelas V di SLB B YPPLB Makassar sebelum penggunaan metode eksperimen berada pada kategori sangat kurang. (2) penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada murid tunarungu kelas V di SLB B YPPLB Makassar (3) hasil belajar IPA murid tunarungu kelas V di SLB B YPPLB Makassar sesudah penggunaan metode eksperimen berada pada kategori baik sekali (4) terdapat peningkatan hasil belajar murid tunarungu kelas V SLB B YPPLB Makassar. Kata Kunci: Hasil belajar IPA, Metode Eksperimen, Anak Tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PGSD
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 04:01
Last Modified: 24 Feb 2022 04:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22345

Actions (login required)

View Item View Item