Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi (GI) Menggunakan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Pangsid (Studi Pada Materi Pokok Trigonometri)

Nur Hiyahara, Indriana (2016) Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi (GI) Menggunakan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Pangsid (Studi Pada Materi Pokok Trigonometri). S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

ABSTRAK Indriana Nur Hiyahara, 2016. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi (GI) Menggunakan Diagram V (Vee) Dalam Pembelajaran Matematika Pada Siswa Kelas X SMAN 1 Pangsid (Studi Pada Materi Pokok Trigonometri). Skripsi. Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Sains, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian Pra-Eksperimen yang bertujuan untuk mencari efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi (GI) menggunakan diagram V(Vee) dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas X SMAN 1 Pangsid dengan mengacu pada tiga kriteria efektivitas, yaitu: hasil belajar matematika siswa, aktivitas siswa, dan respon siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X7 yang terdiri atas 35 siswa dengan materi pembelajaran trigonometri. Penelitian ini dilaksanakan selama 7 pertemuan yang terdiri atas 1 pertemuan pretest, 1 pertemuan posttest dan 5 pertemuan pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe grup investigasi (GI) menggunakan diagram V(Vee). Data diperoleh menggunakan lembar observasi, tes hasil belajar dan angket respons siswa. Data dianalisis menggunakan statistika deskriptif dan statitika inferensial. Hasil dari analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil nilai pretest dan posttest adalah 12,97 dan 79,4 sedangkan nilai gain ternormalisasi 0,79 berada pada kategori tinggi dan proporsi ketuntasan klasikal tidak tercapai (2) persentase aktivitas siswa adalah 85,7% termasuk dalam kategori efektif. (3) Persentase siswa yang memberikan respon positif adalah 78,57% termasuk dalam kategori efektif. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe GI menggunakan diagram V(Vee) pada siswa kelas X¬7 SMAN 1 Pangsid materi trgonometri tidak efektif pada kriteria ketuntasan klasikal Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif tipe Grup Investigasi, Diagram V(Vee), Efektivitas, pembelajaran matematika

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:38
Last Modified: 20 Mar 2017 01:38
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2234

Actions (login required)

View Item View Item