PENGGUNAAN LEGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 2 MAKASSAR

ANDI SELVI FANDISYA (2022) PENGGUNAAN LEGO DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR III DI SLB NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
ANDI SELVI 1545042006.pdf

Download (1MB)

Abstract

ANDI SELVI FANDISYA, 2019. Penggunaan Lego Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Pembagian Pada Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar III di SLB Negeri 2 Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan berhitung pembagian pada murid cerebral palsy pada mata pelajaran matematika di SLB Negeri 2 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah penggunaan lego dalam meningkatkan kemampuan berhitung pembagian pada murid cerebral palsy kelas dasar III di SLB Negeri 2”. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui kemampuan berhitung pembagian pada subjek AM kelas dasar III di SLB Negeri 2 Makassar sebelum diberikan perlakuan, 2) Kemampuan berhitung pembagian melalui penggunaan lego pada subjek AM kelas dasar III di SLB Negeri 2 Makassar, 3) Kemampuan berhitung pembagian pada subjek AM kelas dasar III di SLB Negeri 2 Makassar setelah diberikan perlakuan, 4) Kemampuan berhitung pembagian setelah menggunakan lego berdasarkan hasil perbandingan dari kondisi sebelum perlakuan ke kondisi selama diberikan perlakuan dan dari kondisi selama diberikan perlakuan ke kondisi setelah diberikan perlakuan pada subjek AM kelas III di SLB Negeri 2 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen yaitu menggunakan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan berhitung pembagian subjek AM sebelum diberikan perlakuan sangat rendah, 2) Kemampuan berhitung pembagian melalui penggunaan lego pada subjek AM kelas dasar III SLB Negeri 2 Makassar dapat meningkat, 3) Kemampuan berhitung pembagian subjek AM dapat menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan, 4) Perbandingan kemampuan berhitung pembagian subjek AM sebelum dan setelah diberikan perlakuan menunjukkan perubahan peningkatan dari kategori sangat rendah meningkat, menjadi kategori sangat tinggi, dan dari kategori sangat tinggi menurun kekategori tinggi. Dengan demikian kemampuan setelah diberikan perlakuan murid menurun, akan tetapi nilai yang diperoleh lebih tinggi dibandingkan sebelum diberikan perlakuan. Kata kunci: kemampuan berhitung pembagian, lego, cerebral palsy

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:56
Last Modified: 24 Feb 2022 03:01
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item