PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB NEGERI LUTANG KABUPATEN MAJENE

NAJMIAH HASAN (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN 1-10 DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU ANGKA PADA ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS IV DI SLB NEGERI LUTANG KABUPATEN MAJENE.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Najmiah Hasan, 2019. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Dengan Menggunakan Media Kartu Angka Pada Anak Tunagrahita Ringan Kelas IV Di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene. Skripsi. Dibimbing Drs. H. Agus Marsidi, M.Si dan Dr. H. Syamsuddin, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan 1-10 murid tunagrahita ringan pada mata pelajaran Matematika, di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: ” Bagaimanakah peningkatan kemampuan mengenal lambang 1-10 menggunakan media kartu angka pada murid tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene”. Tujuan penelitian ini adalah “untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal lambang 1-10 menggunakan media kartu angka pada murid tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene”. Pendekatan yang diunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian satu orang murid tunagrahita ringan kelas IV. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pemberian tes. Analisis data menggunakan hasil tes sebelum dan sesudah perlakuan, membandingkan hasil belajar sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kemampuan mengenal lambang bilangan pada murid tunagrahita masih sangat kurang, (2) kemampuan mengenal lambang blangan pada murid tunagrahita meningkat sesudah penggunaan media kartu angka (3) penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan murid tunagrahita ringan dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan. Kesimpulan dalam penelitian adalah: (1) Kemampuan mengenal lambang bilangan murid tunagrahita ringan Kelas IV SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene sebelum penggunaan media kartu angka berada pada kategori sangat kurang, (2) Penggunaan media kartu angka dapat meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan murid tunagrahita ringan kelas IV di SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene, (3) Kemampuan mengenal lambang bilangan murid tunagrahita ringan Kelas IV SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene sesudah penggunaan media kartu angka berada pada kategori baik sekali, (4) Terdapat peningkatan Kemampuan mengenal lambang bilangan murid tunagrahita ringan Kelas IV SLB Negeri Lutang Kabupaten Majene melalui penggunaan media kartu angka.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:33
Last Modified: 24 Feb 2022 02:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22336

Actions (login required)

View Item View Item