PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI LATIHANMOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB AS’ADIYAH CABENGE SOPPENG

SRI KUMALASAR (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI LATIHANMOTORIK HALUS ANAK CEREBRAL PALSY DI SLB AS’ADIYAH CABENGE SOPPENG.

[img] Text
SRI KUMALASARI 1545040012.pdf

Download (5MB)

Abstract

SRI KUMALASARI 2019 Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui LatihanMotorik Halus Anak CP di SLB As’Adiyah Cabenge Soppeng. Skripsi. Dibimbingoleh Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd dan Dra. Tatiana Maedina, M. Si. ProgramStudi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis dalammata pelajaranBahasa Indonesia pada anak CP di SLB As’Adiyah Cabenge Soppeng. Rumusanmasalah ini adalah “Bagaimanakah Peningkatan kemampuan menulis melalui latihanmotorik halus anak CP kelas dasar II di SLB As’Adiyah Cabenge Soppeng?”. Tujuannya adalah Kemampuan menulis anak CP kelas dasar II di SLBAs’AdiyahCabenge Soppeng sebelum pemberian latihan motorik halus. 2) Gambaranpelaksanaan intervensi latihan motorik halus anak CP kelas dasar II di SLBAs’Adiyah Cabenge Soppeng. 3) Gambaran menulis anak CP kelas dasar II di SLBAs’Adiyah Cabenge Soppeng setelah pelaksanaan intervensi berupa latihan motorikhalus. 4) Perbandingan kemampuan menulis anak CP sebelumdan setelahpelaksanaan latihan motorik halus kelas dasar II di SLB As’Adiyah CabengeSoppeng.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjekpenelitian ini adalah seorang anak CP kelas dasar II SLB As’Adiyah CabengeSoppeng berinisial SN. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengansubjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan menulis subjek (SN) pada kondisi awal masih rendah, 2) Kemampuan menulis subjek (SN) mengalami peningkatanpadakondisi intervensi disebabkan adanya perlakuan yaitu pemberian latihan motorikhalus pada anak CP, 3) Kemampuan menulis subjek (SN) pada kondisi baseline2(A2) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan. 4) Kemampuan menulisanak CP berdasarkan analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwadengan pemberian latihan motorik halus pada anak CP kelas dasar II di SLBAs’Adiyah Cabenge Soppeng mengalami peningkatan terhadap kemampuanmenulisnya. Kata kunci: Motorik Halus, Kemampuan menulis, CP

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:29
Last Modified: 24 Feb 2022 02:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item