SARAH AZHARI (2022) PENERAPAN MEDIA OBJECT BOXES ( KOTAK OBJEK ) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA MURID CEREBRAL PALSY KELAS DASAR II DI SLB YPAC MAKASSAR.
Text
SKRIPSI.pdf Download (6MB) |
|
Text
JURNAL Sarah Azhari.pdf Download (396kB) |
Abstract
Sarah Azhari, 2019. Penerapan Media Object Boxes (Kotak Objek) Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Murid Cerebral Palsy Kelas Dasar II Di SLB YPAC Makassar. Skripsi. Dibimbing Drs. Andi Budiman, M.Kes dan Dra. Tatiana Meidina, M.Si. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan membaca murid Cerebral Palsy pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, khususnya membaca suku kata dan kata di SLB YPAC Makassar. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: (1).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar pada fase baseline 1 ( A-1)? (2).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B)? (3).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada fase baseline 2 (A2) ? (4).Bagaimanakah Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi ( B ) ke baseline 2 (A2)?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui : (1) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar pada fase baseline 1 ( A-1), (2) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi ( B ), (3) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis pada fase baseline 2 ( A2 ), (4) Peningkatan kemampuan membaca permulaan pada murid cerebral palsy kelas dasar II di SLB YPAC Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi ( B ) ke baseline 2 ( A2 ). Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen subjek tunggal (single subject research) dengan desain A-B-A. Dengan penerapan media Object Boxes (Kotak Objek) dapat meningkatkan kemampuan membaca murid Cerebral Palsy. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan grafik. Hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan media Object Boxes (Kotak Objek) dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan murid Cerebral Palsy kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar. Kata kunci: Object Boxes (Kotak Objek), membaca permulaan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 02:24 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 02:24 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22334 |
Actions (login required)
View Item |