MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS BUNDA

DIAN CHAIRUNNISA (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA PLAYDOUGH PADA ANAK AUTIS DI SLB AUTIS BUNDA.

[img] Text
1. Sampul Depan.docx

Download (902kB)
[img] Text
2. Sampul Skripsi.docx

Download (923kB)
[img] Text
3. Pengesahan Ujian Skripsi.docx

Download (181kB)
[img] Text
4. Pernyataan Keaslian Skripsi.docx

Download (35kB)
[img] Text
5. BAB I.docx

Download (23kB)
[img] Text
6. BAB II.docx

Download (230kB)
[img] Text
7. BAB III.docx

Download (22kB)
[img] Text
8. BAB IV.docx

Download (71kB)
[img] Text
9. BAB V.docx

Download (18kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.docx

Download (19kB)
[img] Text
11. Lampiran.docx

Download (2MB)
[img] Text
1. Sampul Jurnal.docx

Download (37kB)
[img] Text
2. Jurnal.docx

Download (81kB)

Abstract

Dian Chairunnisa, 2019, Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Dengan Menggunakan Media Playdough Pada Anak Autis Di SLB Autis Bunda, Skripsi di bimbing oleh Dr. H. Syamsuddin, M.Pd dan Prof. Dr. H. Abd Hadis, M.Pd Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu seorang anak autis yang mengalami ketidakmampuan dalam menggerakkan otot-otot jari di kelas dasar I di SLB Autis Bunda. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1).Bagaimanakah kemampuan motorik halus sebelum penggunaan media playdough. 2). Bagaimanakah kemampuan motorik halus setelah penggunaan media playdough dan 3). Apakah terdapat peningkatan kemampuan motorik halus dengan menggunakan playdough pada anak autis di SLB Autis Bunda Makassar ?. Berdasarkan pada rumusan masalah, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Kemampuan motorik halus sebelum penggunaan media playdough. 2). Kemampuan motorik halus setelah penggunaan media playdough dan 3). Peningkatan kemampuan motorik halus dengan menggunakan playdoughpada anak autis di SLB Autis Bunda Makassar ? Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian deskriptif, yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan motorik halus sebelum dan setelah penggunaan playdough pada murid Autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Subyek dalam penelitian ini adalah murid autis kelas dasar I di SLB Autis Bunda yang berjumlah satu orang. Tehnik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; kemampuan motorik halus sebelum penggunaan media playdough berada pada kategori sangat kurang. Kemudian setelah penggunaan media playdough terjadi peningkatan motorik halus pada murid Autis Kelas Dasar I di SLB Autis Bunda Makassar yaitu berada pada kategori baik. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu penggunaan media playdough dapat meningkatkan kemampuan motorik halus pada murid Autis Kelas Dasar I di SLB Autis Bunda Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN
ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 02:07
Last Modified: 24 Feb 2022 02:07
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22332

Actions (login required)

View Item View Item