IMPLEMENTASI MOVABLE ALPHABET (ALFABET GESER) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA MURID AUTIS KELAS DASAR II DI SLB C YPPLB MAKASSAR

NIRWANA (2022) IMPLEMENTASI MOVABLE ALPHABET (ALFABET GESER) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA MURID AUTIS KELAS DASAR II DI SLB C YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
NIRWANA_1545041011.pdf

Download (4MB)
[img] Text
JURNAL Nirwana.pdf

Download (338kB)

Abstract

NIRWANA 2019 Implementasi Movable Alphabet Terhadap Kemampuan Menulis Huruf Pada Murid Autis Kelas Dasar II di SLB C YPPLB Makassar. Skripsi. Dibimbing oleh Drs. Andi Budiman, M. Kes. dan Drs. Djoni Rosyidi, M. Pd. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan menulis huruf dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada murid autis di SLB C YPPLB Makassar. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakah kemampuan menulis huruf pada murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar setelah pelaksanaan Movable Alphabet ?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Kemampuan menulis huruf murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar kondisi baseline 1 (A1), 2) Kemampuan menulis huruf murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar pada kondisi intervensi (B), 3) Kemampuan menulis huruf murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar kondisi baseline 2 (A2) 4) Kemampuan menulis huruf melalui implementasi movable alphabet berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2) pada murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis. Subjek penelitian ini adalah seorang murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar berinisial FA. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan subjek tunggal (Single Subject Research/SSR) dengan desain penelitian A-B-A. Kesimpulan penelitian ini: 1) Kemampuan menulis huruf subjek (FA) pada kondisi awal masih rendah, 2) Kemampuan menulis huruf subjek (FA) mengalami peningkatan pada kondisi intervensi disebabkan adanya perlakuan yaiu implementasi movable alphabet, 3) Kemampuan menulis huruf subjek (FA) pada kondisi baseline 2 (A2) menunjukkan peningkatan setelah diberikan perlakuan. 4) Kemampuan menulis huruf murid autis berdasarkan analisis antar kondisi tidak terjadi data tumpang tindih, menunjukkan perubahan peningkatan yang signifikan. Dapat disimpulkan bahwa implementasi movable alphabet memberi pengaruh positif terhadap kemampuan menulis huruf pada murid autis kelas dasar II di SLB C YPPLB Makassar. Kata kunci: Movable Alphabet, Kemampuan menulis huruf, Autis.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:52
Last Modified: 24 Feb 2022 01:52
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22331

Actions (login required)

View Item View Item