Deskripsi Miskonsepsi pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa

Silfana, Dhyna (2016) Deskripsi Miskonsepsi pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dhyna Silfana, 2016. Deskripsi Miskonsepsi pada Materi Pecahan Bentuk Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Sungguminasa. Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Makassar Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang bersifat kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan miskonsepsi pada materi pecahan bentuk aljabar ditinjau dari gaya kognitif siswa. Subjek penelitian sebanyak 4 orang siswa yang terdiri dari 2 orang siswa yang tergolong dalam gaya kognitif Field Dependent (FD) dan 2 orang siswa yang tergolong dalam gaya kognitif Field Independent (FI) kelas VIII A SMP Negeri 4 Sungguminasa Tahun Pelajaran 205/2016. Teknik yang digunakan dalam pengambilan subjek adalah secara purposive sampling. Validitas data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Instrumen dari penelitian ini berupa tes GEFT untuk mengukur gaya kognitif siswa dan tes diagnostik miskonsepsi yang dilengkapi dengan skor CRI untuk mengidentifikasi terjadinya miskonsepsi pada siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) siswa Field Dependent (FD) lebih banyak mengalami miskonsepsi pada konsep memahami unsur-unsur bentuk aljabar dan syarat suatu pecahan disebut sebagai pecahan bentuk aljabar, konsep penghapusan (cancelling), konsep operasi perpangkatan, dan konsep memahami sifat distributif, (2) miskonsepsi yang dialami oleh siswa Field Independent (FI) yaitu pada konsep memahami sifat distributif, serta memahami unsur-unsur bentuk aljabar dan syarat suatu pecahan disebut sebagai pecahan bentuk aljabar Kata kunci: miskonsepsi, pecahan bentuk aljabar, gaya kognitif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > Matematika
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 20 Mar 2017 01:36
Last Modified: 20 Mar 2017 01:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/2233

Actions (login required)

View Item View Item