PENGGUNAAN MEDIA KERANJANG HAMTARO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB B YPPLB MAKASSAR

SARFIA SARIFUDDIN (2022) PENGGUNAAN MEDIA KERANJANG HAMTARO DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNARUNGU KELAS DASAR III DI SLB B YPPLB MAKASSAR.

[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Jurnal.pdf

Download (218kB)

Abstract

Sarfia Sarifuddin, 2018 Penggunaan Media Keranjang Hamtaro dalam Meningkatan Hasil Belajar Matematika pada Peserta Didik Tunarungu Kelas Dasar III di SLB B YPPLB Makassar, Skripsi dibimbing oleh Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M.Pd dan Dr. Mustafa, M.Si. Jurusan Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Permasalahan pokok dalam penulisan skripsi ini adalah kemampuanmatematika peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar yang masih rendah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah ”1) Bagaimanakah penggunaan media keranjang hamtaro dalam pembelajaran matematika pada peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar? 2) Bagaimanakah hasil belajar matematika peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar sebelum dan sesudah penggunaan media keranjang hamtaro?dan 3) penggunaan media keranjang hamtarodapat meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ”1) Penggunaan media keranjang hamtaro dalam pembelajaran matematika pada peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar. 2) Hasil belajar matematika peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar sebelum dan sesudah penggunaan media keranjang hamtaro. dan 3) Adanya peningkatan hasil belajar matematika melalui penggunaan media keranjang hamtaro pada peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar.” Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif mengenai hasil belajar matematika peserta didik yang analisisnya menggunakan analisis statistik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik tunarungu kelas III di SLB B YPPLB Makassar yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes perbuatan. Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif untuk memberikan gambaran kemampuan matematikapeserta didik tersebut. Dengan demikian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ”1) Penggunaan media keranjang hamtaro dalam pembelajaran matematika pada peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar memberikan pengaruh positif dalam peningkatan hasil belajar matematika karena media keranjang hamtaro memiliki karakteristik yang sesuai dengan kondisi kebutuhan peserta didik. 2) Hasil belajar matematika pada peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar sebelum penggunaan media keranjang hamtaro berada pada kategori “kurang” dan sesudah penggunaan media keranjang hamtaro berada pada kategori “baik dan sangat baik”. 3) Terdapat peningkatan hasil belajar matematika pada peserta didik tunarungu kelas dasar III di SLB B YPPLB Makassar melalui penggunaan media keranjang hamtaro.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:48
Last Modified: 24 Feb 2022 01:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22327

Actions (login required)

View Item View Item