MEGAWATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG 1 SAMPAI 10 MELALUI PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA MURID TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II DI SLB NEGERI 1 MAKASSAR.
Text
SKRIPSI MEGAWATI.pdf Download (2MB) |
|
Text
JURNAL Mheg.pdf Download (430kB) |
Abstract
Megawati, 2019 Peningkatan kemampuan membilang 1 sampai 10 melalui penggunaan media kartu bergambar pada murid tunagrahita ringan Kelas II SLB Negeri 1 Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Dr.Mustafa, M.Si. dan Dr. Triyanto Pristiwaluyo, M.Pd. Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan dalam membilang 1 sampai 10 pada anank tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri 1 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peningkatan kemampuan membilang 1 sampai 10 melalui penggunaan media kartu bergambar pada murid tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri 1 Makassar. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui kemampuan membilang 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan pada kondisi sebelum diberikan perlakuan (Baseline 1 (A1)) (2 ) Untuk mengetahui kemampuan membilang 1 sampai 10 melalui penggunaan media kartu bergambar pada anak tunagrahita ringan pada kondisi Selama diberikan perlakuan (Intervensi (B)). (3) Untuk mengetahui peningkatan kemampuan membilang 1 sampai 10 setelah menggunakan media kartu bergambar pada anak tunagrahita ringan kelas II pada kondisi Setelah diberikan perlakuan (Baseline 2(A2)). (4) mengetahui peningkatan kemampuan membilang 1 sampai 10 berdasarkan hasil perbandingan dari kondisi sebelum diberikan, ke selama diberikan, dan dari Selama diberikan perlakuan ke Setelah diberikan perlakuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes lisan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 (satu) orang anak tunagrahita berinisial FD Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Hasil penelitian kemampuan membilang anak tunagrahita ringan. 1) pada kondisi sebelum diberikan perlakuan masih rendah namun hasilnya Stabil, 2) pada kondisi selama diberikan perlakuan meningkat namun hasilnya tidak stabil (variabel), 3) pada kondisi setelah diberikan perlakuan menurun ketika dibandingkan dengan kondisi selama diberikan perlakuan ,hasilnya Variabel, 4) hasil perbandingan antara kondisi sebelum diberikan perlakuan dengan kondisi selama diberikan perlakuan tidak terjadi data tumpang tindih. Tetapi pada kondisi selama diberikan perlakuan dengan setelah diberikan perlakuan terjadi data tumpang tindih. Dapat di simpulkan bahwa penggunaan media kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan membilang 1 sampai 10 pada anak tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri 1 Makassar. Kata Kunci: penggunaan media kartu bergambar, kemampuan membilang 1 sampai 10 dan anak tunagrahita
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:44 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:44 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22326 |
Actions (login required)
View Item |