PENERAPAN LATIHAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA ANAK AUTIS KELAS I SLB NEGERI 2 MAKASSAR.

NUR INTAN SAPUTRI (2022) PENERAPAN LATIHAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA ANAK AUTIS KELAS I SLB NEGERI 2 MAKASSAR.

[img] Text
1 SAMPUL LUAR.docx

Download (46kB)
[img] Text
2 HALAMAN JUDUL.docx

Download (47kB)
[img] Other
08011301.PDF

Download (260kB)
[img] Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx

Download (22kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.docx

Download (27kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.docx

Download (18kB)
[img] Text
DAFTAR GRAFIK.docx

Download (17kB)
[img] Text
daftar gambar.docx

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx

Download (19kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (31kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (50kB)
[img] Text
BAB III.docx

Download (42kB)
[img] Text
BAB IV.docx

Download (121kB)
[img] Text
BAB V.docx

Download (1MB)
[img] Other
08011302.PDF

Download (623kB)

Abstract

Nur Intan Saputri , 2018 Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Pada Anak autis di Kelas 1 SLB Negeri 2 Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Agus Marsidi. M,Si dan Prof. Dr. H. Abd. Hadis. M,Pd Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu anak autis yang mengalami kurang kemampuan dalam menulis huruf dengan baik di SLB Negeri 2 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran penerapan latihan sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak autis di SLB 2 Makassar?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis huruf pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1). (2 ) Untuk mengetahui penerapan latihan sensorimotor pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B). (3) Untuk mengetahui kemampuan menulis huruf pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar setelah penerapan latihan sensorimotor pada fase baseline 2 (A2). (4) Untuk mengetahui kemampuan menulis huruf melalui penerapan latihan sensorimotor pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berinisial RH Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan latihan sensorimotor diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf anak. Data yang diperoleh di analisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan latihan sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan khususnya dalam menulis huruf anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:31
Last Modified: 24 Feb 2022 01:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22322

Actions (login required)

View Item View Item