NUR INTAN SAPUTRI (2022) PENERAPAN LATIHAN SENSORIMOTOR UNTUK MENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS HURUF PADA ANAK AUTIS KELAS I SLB NEGERI 2 MAKASSAR.
Text
1 SAMPUL LUAR.docx Download (46kB) |
|
Text
2 HALAMAN JUDUL.docx Download (47kB) |
|
Other
08011301.PDF Download (260kB) |
|
Text
4 PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.docx Download (22kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.docx Download (27kB) |
|
Text
DAFTAR TABEL.docx Download (18kB) |
|
Text
DAFTAR GRAFIK.docx Download (17kB) |
|
Text
daftar gambar.docx Download (14kB) |
|
Text
DAFTAR LAMPIRAN.docx Download (19kB) |
|
Text
BAB I.docx Download (31kB) |
|
Text
BAB II.docx Download (50kB) |
|
Text
BAB III.docx Download (42kB) |
|
Text
BAB IV.docx Download (121kB) |
|
Text
BAB V.docx Download (1MB) |
|
Other
08011302.PDF Download (623kB) |
Abstract
Nur Intan Saputri , 2018 Penerapan Latihan Sensorimotor Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Huruf Pada Anak autis di Kelas 1 SLB Negeri 2 Makassar. Skripsi Dibimbing oleh Drs. Agus Marsidi. M,Si dan Prof. Dr. H. Abd. Hadis. M,Pd Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Masalah dalam penelitian ini yaitu anak autis yang mengalami kurang kemampuan dalam menulis huruf dengan baik di SLB Negeri 2 Makassar. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah gambaran penerapan latihan sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf pada anak autis di SLB 2 Makassar?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kemampuan menulis huruf pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1). (2 ) Untuk mengetahui penerapan latihan sensorimotor pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B). (3) Untuk mengetahui kemampuan menulis huruf pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar setelah penerapan latihan sensorimotor pada fase baseline 2 (A2). (4) Untuk mengetahui kemampuan menulis huruf melalui penerapan latihan sensorimotor pada anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar berinisial RH Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan latihan sensorimotor diharapkan dapat meningkatkan kemampuan menulis huruf anak. Data yang diperoleh di analisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan latihan sensorimotor dapat meningkatkan kemampuan khususnya dalam menulis huruf anak autis kelas I SLB Negeri 2 Makassar.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA |
Divisions: | FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN |
Depositing User: | Unnamed user with username pustakawanfip |
Date Deposited: | 24 Feb 2022 01:31 |
Last Modified: | 24 Feb 2022 01:31 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22322 |
Actions (login required)
View Item |