KEMAMPUAN MERESPON INSTRUKSI PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR IV SLB NEGERI I SOMBA OPU KABUPATEN GOWA

BURHANUDDIN NANGGA (2022) KEMAMPUAN MERESPON INSTRUKSI PADA ANAK AUTIS KELAS DASAR IV SLB NEGERI I SOMBA OPU KABUPATEN GOWA.

[img] Text
I. Sampul.docx

Download (131kB)
[img] Text
Persetujuan Pembimbing Burhan001.pdf

Download (510kB)
[img] Text
Persetujuan Ujian Burhan001.pdf

Download (531kB)
[img] Text
II. Isi.docx

Download (8MB)
[img] Text
III. Jurnal.docx

Download (257kB)

Abstract

BURHANUDDIN NANGGA, 2018. Kemampuan Merespon Intruksi pada Anak Autis Kelas Dasar IV SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa Skripsi. Dibimbing oleh Drs.Djoni Rosyidi,M.Pd. dan Prof. Dr.H.Abdul Hadis M Pd. Jurusan Pendidikan Luar Biasa Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini menelaah Kemampuan Merespon Intruksi pada Anak Autis Kelas Dasar IV SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah kemampuan merespon instruksi anak autis kelas IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa pada kondisi baseline 1 ( A1 )? (2) Bagaimanakah merespon instruksi anak autis kelas IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa pada kondisi intervensi (B)? (3) Bagaimanakah kemampuan merespon instruksi anak autis kelas dasar kelas IV SLB Negeri Somba Opu Kabupaten Gowa pada fase baseline 2 ( A2)? . Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui kemampuan merespon instruksi pada anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa. Dalam penelitian ini digunakan metode eksperimen subjek tunggal (Single Subject Research) dengan desain (Baseline 1)-B, (Intervensi) - A dan (Baseline 2). Penelitian subjek tunggal terfokus pada data individu anak autis di kelas dasar IV SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa. Teknik pengumpulan data melalui tes perbuatan dan dokumentasi . Data yang diperoleh diolah secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Pemberian insturksi sederhana pada anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa baseline 1 ( A1 ) menunjukkan bahwa anak mampu merespon walaupun masih dengan arahan dan bantuan yang di berikan. (2) intervensi (B) Menunjukkan kemampuan merespon insturksi sederhana pada anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa menunjukkan perubahan secara meningkat,. (3) dan pada baseline 2 (A2) kemampuan merespon instruksi sederhana pada anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa menunjukkan kestabilan atau tetap yang berarti meningkat . Artinya Pemberian intruksi sederhana dapat meningkatkan respon instruksi pada anak autis kelas dasar IV di SLB Negeri I Somba Opu Kabupaten Gowa.

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:17
Last Modified: 24 Feb 2022 01:17
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22320

Actions (login required)

View Item View Item