PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN KONSONAN VELAR MELALUI PENGGUNAAN METODE VISUAL AUDIOTORIS KINESTETIK TAKTIL (VAKT) PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR V DI SLB NEGERI 1 KABUAPATEN GOWA

EKA AGUSLIATI (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGUCAPAN KONSONAN VELAR MELALUI PENGGUNAAN METODE VISUAL AUDIOTORIS KINESTETIK TAKTIL (VAKT) PADA MURID TUNARUNGU KELAS DASAR V DI SLB NEGERI 1 KABUAPATEN GOWA.

[img] Text
SKRIPSI.docx

Download (4MB)
[img] Text
pendahuluan.docx

Download (106kB)

Abstract

Eka Agusliati, 2018 Peningkatan Kemampuan Pengucapan Konsonan Velar Melalui Penggunaan Metode Visual Audiotoris Kinestetik Taktil (VAKT) pada Murid Tunarungu Kelas Dasar V Di Slb Negeri 1 Kabuapaten Gowa. . Skripsi dibimbing oleh Dr. Mustafa, M.Si. dan Drs. H. Agus Marsidi, M.Si Program Studi Pendidikan Luar Biasa, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini mengkaji tentang rendahnya kemampuan pengucapan konsonan velar anak Tunarungu Kelas di Slb Negeri 1 Kabuapaten Gowa. Rumusan masalah dalam penelitian ini “Bagaimanakah gambaran kemampuan pengucapan konsonan velar menggunakan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa pada analisis dalam kondisi? dan Bagaimanakah gambaran kemampuan pengucapan konsonan velar menggunakan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Kabupaten Gowa pada analisis antar kondisi . Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan konsonan velar pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 GOWA berdasarkan hasil analisis pada kondisi baseline 1 (A1). (2 ) Untuk mengetahui penggunaan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 Gowa berdasarkan hasil analisis pada kondisi intervensi (B). (3) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan konsonan velar pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 GOWA setelah penggunaan metoda VAKT pada fase baseline 2 (A2). (4) Untuk mengetahui kemampuan pengucapan konsonan velar melalui penggunaan metode VAKT pada anak tunarungu kelas dasar V SLB Negeri 1 Gowa berdasarkan hasil analisis antar kondisi dari baseline 1 (A1) ke intervensi (B) dan dari intervensi (B) ke baseline 2 (A2). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes perbuatan. Subyek dalam penelitian ini adalah 1 orang anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Gowa berinisial UZ Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dengan menggunakan metode VAKT diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengucapan konsonan velar anak. Data yang diperoleh di analisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode VAKT dapat meningkatkan kemampuan khususnya dalam pengucapan anak tunarungu kelas dasar V di SLB Negeri 1 Gowa. Kata Kunci: kemampuan pengucapan konsonan velar, Metode VAKT, tunarungu

Item Type: Article
Subjects: ILMU PENDIDIKAN > PENDIDIKAN LUAR BIASA
Divisions: FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
Depositing User: Unnamed user with username pustakawanfip
Date Deposited: 24 Feb 2022 01:12
Last Modified: 24 Feb 2022 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/22319

Actions (login required)

View Item View Item